Tahap terakhir dalam make up routine satu ini bisa dibilang cukup penting, apalagi ketika memasuki musim panas dengan cuaca yang lebih cerah seperti sekarang ini. Setting spray bisa membantu membuat make up-mu lebih awet dan tahan lama. Cara menggunakannya pun mudah, hanya perlu disemprotkan pada wajah dan kamu sudah siap beraktivitas! Tidak hanya simpel dari segi pemakaian, setting spray ternyata juga praktis untuk dibuat sendiri, lho! Ini dia bahan yang kamu butuhkan.

Siapkan Bahan


  • Botol kosong dengan semprotan (bisa dibeli di berbagai toko kecantikan)
  • Wadah untuk mencapurkan bahan
  • 3 sendok makan air suling atau air yang sudah disaring
  • 1 sendok makan gliserin/glycerin
  • 1 sendok makan witch hazel (optional)
  • Beberapa tetes essential oil (optional)
source: http://www.sheknows.com/

Manfaat Witch Hazel dan Gliserin


Untuk membuat DIY setting spray ini, dua bahan utama yang dibutuhkan yaitu air suling dan gliserin. Gliserin sendiri merupakan kandungan yang umum ditemukan pada skin care, biasa digunakan pada kulit berminyak atau kering, untuk menangani infeksi, menghilangkan garis halus pada kulit, serta menjaga kelembapan kulit. Gliserin bisa kamu beli di berbagai situs-jual beli ataupun toko kecantikan.

Selain kedua bahan tersebut, kamu juga bisa menambahkan witch hazel atau essential oil pada campuran setting spray. Bahan alami satu ini bermanfaat untuk menangani berbagai masalah kulit, seperti jerawat hingga meredakan gatal. Witch hazel bisa dengan mudah kamu beli secara online di berbagai situs jual-beli ya!

source: https://unsplash.com/@natheathcoat
baca juga

Cara Membuat


  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, kamu bisa mulai membuat DIY setting spray dengan cara berikut ini:
  2. Tuangkan 1 sendok makan gliserin ke dalam wadah.
  3. Campurkan 3 sendok makan air bersih ke dalam gliserin dan aduk hingga bercampur.
  4. Untuk kamu yang ingin menambahkan witch hazel, tambahkan sebanyak 1 sendok makan dan aduk lagi hingga merata. Untuk essential oil sendiri, tambahkan beberapa tetes jika kamu ingin menambahkan sedikit aroma pada setting spray.
  5. Tuangkan setting spray yang sudah jadi ke dalam botol. Sudah jadi deh setting spray yang bisa kamu gunakan untuk tampil fresh setiap saat!
source: http://www.sheknows.com/