1. Dry Shampoo

Tips kecantikan, terutama untuk rambut adalah jangan terlalu sering memakai dry shampoo. Pemakaian dry shampoo setiap hari ternyata bisa merusak rambut, yakni membuat rambutmu kering dan rapuh. Pemakaian sesekali sih boleh-boleh saja dan sebaiknya kamu tidak menggunakan dry shampoo lebih dari 2 hari berturut-turut. 

 

source: https://id.pinterest.com

2. Primer

Tips kecantikan berikutnya yang tidak boleh terlalu sering dipakai juga adalah primer. Kok bisa sih? Padahal primer itu bagus sebagai base makeup kan? Jadi, primer yang biasa dipakai sebagai base makeup agar riasan lebih tahan lama ini biasanya mengandung silikon yang bisa menutup permukaan kulit dengan cara menutup pori-pori yang besar sehingga menghasilkan hasil riasan yang halus sempurna. Ketika permukaan kulit tertutup, maka akan ada banyak minyak dan keringat yang terjebak dan tak bisa keluar ke permukaan kulit. Hal inilah justru yang membuat pori-pori tersumbat yang nantinya bisa memicu munculnya komedo dan jerawat. Sebaiknya hindari pemakaian primer untuk riasan sehari-hari dan simpan primer untuk acara-acara khusus yang menuntut kamu tampil maksimal.

 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

3. Mascara Waterproof

Mendapatkan kecantikan yang maksimal dengan pemakaian mascara waterproof memang tidak salah. Namun, salah satu produk kecantikan ini ternyata juga tidak baik jika dipakai terlalu sering. Mascara waterproof yang dipakai terlalu sering justru akan mengakibatkan bulu mata menjadi kering dan rontok. Akan lebih baik lagi jika kamu memakai mascara biasa terlebih dulu sebelum menggunakan mascara waterproof.

 

source: https://id.pinterest.com

4. Skincare yang Mengandung Retinol

Produk kecantikan terutama skincare kebanyakan mengandung retinol, yakni jenis vitamin A1 yang biasanya ada pada makanan dan berbagai kosmetik. Retinol ternyata hanya aman digunakan dengan dosis 2x seminggu. Bahkan tak jarang juga beberapa wanita memiliki kulit sensitif yang alergi terhadap retinol. Ketika kamu baru memulai memakai produk kecantikan atau skincare berbahan retinol, maka pilih yang kadar retinol-nya rendah. Pastikan juga kamu mengaplikasikannya 1 - 2x saja dalam seminggu.

 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

5. Foundation

Foundation yang berfungsi sebagai dasar atau alas bedak ini akan membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan tampilan pori-pori di wajahmu. Namun, pemakaian foundation secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada kulit karena adanya kandungan silikon pada foundation yang dapat menutupi pori-pori. Maka dari itu, beri jeda dalam pemakaian foundation, misalnya kamu bisa memakai foundation 5 hari dalam seminggu dan 2 hari lainnya bisa kamu ganti penggunaan foundation dengan BB cream atau CC cream yang formulanya lebih ringan.

 

source: https://id.pinterest.com

6. Facial Scrub

Seperti yang kita tahu, proses scrubbing banyak dipilih kaum hawa untuk menghilangkan noda hitam, pengelupasan sel kulit mati dan memunculkan jerawat. Penggunaan facial scrub yang baik yaitu 2 minggu satu kali dan jangan terlalu sering melakukannya, karena kulit wajah akan semakin menipis.

 

source: https://dailyvanity.sg

7. Petroleum Jelly

Tahukah kamu bahwa petroleum jelly yang biasa dimanfaatkan untuk kecantikan ini juga tidak boleh dipakai terlalu serig? Petroleum jelly biasanya digunakan untuk membuat bagian kulit atau bibir yang kering menjadi lebih lembap. Namun, karena bahannya petroleum jelly membuat lapisan pada kulit yang justru mencegah kelembapan dari luar untuk masuk ke dalam kulit dan justru menyebabkan kulit menjadi lebih kering. 

 

source: https://id.pinterest.com

8. Lipstick Matte

Mendapatkan kecantikan yang hakiki belum lengkap tanpa polesan lipstick dan yang masih menjadi tren saat ini adalah lipstick matte yang pigmentasinya memang lebih bagus daripada lipstick satin atau glossy. Untuk kamu yang memiliki bibir normal memang tidak ada masalah saat menggunakan lipstick jenis ini dengan hanya sekali sapuan di bibir. Kekurangan dari lipstick matte ini adalah membuat bibir menjadi kering dan sulit untuk dihapus. Seringkali dijumpai pengguna lipstik matte bibirnya menjadi kering, pecah-pecah atau bahkan kusam. Untuk mengantisipasinya kamu bisa memakai pelembap bibir atau lipbalm dulu sebelum menggunakan lipstick matte. 

 

source: https://id.pinterest.com

9. Bulu Mata Palsu

Siapa sih yang tidak mau tampil cantik lengkap dengan bulu mata yang lentik? Kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan bulu mata palsu. Namun, pemakaian bulu mata palsu terlalu sering juga berdampak buruk. Pertama, dapat merusak bulu mata alami akibat penggunaan lem. Kedua, lem yang digunakan bisa juga menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi, batasi pemakaian bulu mata palsu mulai dari sekarang ya, Beautynesian!

 

source: https://id.pinterest.com

10. Cleansing Brush

Produk kecantikan yang saat ini menjadi tren adalah cleansing brush yang digunakan untuk membersihkan wajah. Produk kecantikan ini diklaim dapat membersihkan wajah secara menyeluruh sehingga kotoran pada bagian terdalam juga dapat terangkat. Namun, penggunaan cleansing brush dirasa terlalu kasar bagi kulit wajah dan justru membuat kulit wajah berjerawat dan kering.

 

source: https://id.pinterest.com