Keliling Kampung Membangunkan Orang Sahur

Salah satu kenangan bulan puasa pada tahun 90an adalah ketika berkeliling kampung untuk membangunkan sahur. Kegiatan satu ini menjadi ajang yang seru juga lho! Mau bawa barang apa aja boleh asalkan bisa dipukul dan berbunyi, mulai dari rebana, ember, bekas kaleng cat, sampai panci. Peralatan lain yang wajib dibawa adalah sarung atau jaket. Meskipun di hari-hari biasa susah bangun pagi, pas bulan puasa anak-anak generasi 90an selalu giat bangun mulai jam 2 pagi. Bagaimana dengan sekarang? Tradisi masa kecil dulu sepertinya sudah mulai hilang. Masih ada sih memang beberapa, di desa-desa atau kampung. Namun, sudah tak seseru dulu lagi. Sekarang semua sudah pakai alarm handphone masing-masing. Jika dulu semua masih masak menggunakan kompor minyak, jadi butuh waktu lama sehingga memang butuh bangun lebih pagi. Namun sekarang semua memakai kompor gas yang lebih cepat untuk memasak atau sekedar menghangatkan lauk.

 

source: http://elshinta.com

Ngabuburit dengan Sinetron Spesial Ramadhan

Nah kalau yang satu ini biasanya mulai dari anak-anak sampai nenek-nenek juga doyan. Karena, sinetron spesial Ramadhan tak hanya menyuguhkan cerita lucu, tapi juga sarat makna. Ngaku deh, siapa dulu yang suka menunggu adzan maghrib di depan telivisi sembari menonton sinetron Lorong Waktu, Doa Membawa Berkah, Doa dan Anugerah, Kiamat Sudah Dekat atau Hikmah? Pemerannya, mulai dari Krisdayanti, Dicky Wahyudi, Gunawan, Jihan Fahira hingga spesialis antagonis, Leily Sagita. 

 

source: https://www.kapanlagi.com
baca juga

Ceramah KH Zainuddin MZ di Televisi adalah Hal yang Ditunggu-Tunggu

Sebelum adzan maghrib, hal lain yang ditunggu adalah munculnya KH Zainuddin MZ di televisi. Terkadang bukan karena ceramahnya yang ditunggu, namun kemunculan beliau menandakan bahwa waktu berbuka sebentar lagi. Sambil menunggu berbuka yang kurang beberapa menit, biasanya acara kultum KH Zainuddin MZ menjadi salah satu tontonan wajib yang ditunggu-tunggu juga oleh generasi 90an. 

 

source: https://irdhamapriadi.wordpress.com

Main Petasan dan Jalan-Jalan Subuh

Kenangan lain saat masa kecil atau tahun 90an ketika bulan puasa adalah bermain petasan. Kegiatan ini bisa dilakukan setelah tarawih atau setelah sholat subuh. Nah, kalau setelah sholat subuh nih biasanya sekalian ada acara jalan-jalan subuh juga. Kegiatan ini biasanya juga jadi ajang pencarian jodoh lho! Pokoknya nggak hanya kenangan tak terlupakan, tapi juga banyak cerita lucu selama bulan puasa dan selama melakukan kegiatan-kegiatan khusus bulan puasa di tahun 90an.

 

source: http://www.bacaanpopuler.com
baca juga

Buku Ramadhan

Bulan Ramadhan nggak afdol tanpa kehadiran buku Ramadhan dari sekolah. Buku yang judulnya “Buku Kegiatan Ramadhan” ini biasanya akan selalu dibawa saat tarawih untuk mencatat ceramah dan meminta tanda tangan imam serta pengisi ceramah. Tak hanya itu, dalam buku Ramadhan juga terdapat laporan puasa, tadarus dan sholat 5 waktu. Hal yang menyenangkan dan bisa menjadi kenangan juga adalah ketika melakukan tarawih dengan berpindah-pindah masjid. Kamu bisa mendapatkan stempel dan tanda tangan yang berbeda tiap harinya. Hal ini biasanya bisa jadi kebanggaan tersendiri lho!



 

source: https://abiummi.com