Beruntusan menjadi salah satu masalah kulit paling meresahkan. Beruntusan bisa muncul di bagian tubuh mana saja dan sering sekali muncul di wajah dan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Pada dasarnya beruntusan merupakan jenis jerawat. Namun, bentuknya yang kecil-kecil dan jumlahnya yang sangat banyak membuatnya terkadang lebih sulit untuk dihilangkan.

Beruntusan bisa terjadi karena berbagai sebab mulai dari infeksi, alergi, gigitan serangga, penggunaan make up yang tidak cocok, hingga faktor polusi dan juga cuaca. Untuk mengatasinya terutama pertama-tama kita harus mencari penyebab dari munculnya beruntusan, setelah itu barulah kita bisa mencegah beruntusan agar tidak menjadi lebih parah.

Setelah itu, kita bisa melakukan perawatan wajah secara alami untuk menghilangkan beruntusan. Mengapa harus dengan perawatan wajah alami? Karena cara merawat wajah alami lebih aman dan juga minim efek samping dibandingkan dengan perawatan wajah dengan unsu bahan kimia. Berikut adalah 7 tips kecantikan paling praktis untuk menghilangkan beruntusan di wajah secara alami!

1. Menggunakan Cuka Apel
Cara merawat wajah untuk menghilangkan beruntusan yang pertama adalah dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam asetat didalamnya memang terbilang ampuh mengatasi jerawat dan tentunya juga beruntusan. Caranya menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu memngoleskan cuka apel ke bagian wajah yang beruntusan menggunakan kapan, lalu diamkan beberapa menit hingga meresap ke kulit. Jika kamu memiliki kulit yang sansitif, lebih baik campurkan cuka apel dengan sedikit air agar konsentrasi asamnya tidak terlalu tinggi.

source: https://edition.cnn.com/
baca juga

2. Lidah Buaya
Selanjutnya adalah perawatan wajah menggunakan lidah buaya. Tanaman yang satu ini memang terkenal mampu merawat kulit dengan baik, terutama untuk menjaga kelembaban kulit. Kamu bisa mengunakan tanaman lidah buaya asli atau jika sulit untuk menemukannya, kamu bisa membeli produk gel lidah buaya yang kini banyak dipasaran. Perawatan dengan lidah buaya ini aman untuk dilakukan setiap hari. Kamu bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai sleeping mask atau masker yang digunakan saat tidur dan baru dibilas pagi harinya.

source: https://steemit.com/

3. Putih Telur


Cara alami mengatasi beruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan masker putih telur. Putih telur dipercaya dapat memberikan manfaat pada wajah mulai dari mengencangkan kulit, mengangkat komedo, hingga mengurangi beruntusan di wajah. Caranya adalah dengan memisahkan bagian putih dan kuning telur. Kocok putih telur sebentar sebelum dioleskan langsung ke bagian wajah yang beruntusan atau ke seluruh wajah. Diamkan masker hingga mengeras kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

source: https://www.aliexpress.com/
baca juga

4. Lemon atau Jeruk Nipis


Kandungan vitamin C tinggi yang ada dalam jeruk nipis dan lemon sekaligus sifat antiinflamasi dan antiseptiknya sangat bagus untuk merawat wajah dan membunuh bakteri yang menyebabkan wajah berjerawat dan juga beruntusan. Caranya adalah dengan mencampurkan perasan jeruk nipis atau lemon dengan sedikit air lalu oleskan keseluruh wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit agar meresap ke kulit, lalu bilas dengan air bersih.

source: https://www.organicfacts.net/

5. Minyak Zaitun


Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak zaitun memang sangat bagus untuk kulit. Kamu juga bisa mencoba bahan alam yang satu ini untuk mengatasi beruntusan di wajah. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dan madu dengan perbandingan 1:1 lalu mengoleskannya ke seluruh wajah kamu. Gunakan masker ini setiap hari pada pagi dan malam hari jika diperlukan untuk hasil yang lebih maksimal.

source: http://www.findhealthremedies.com/

6. Pepaya


Selain baik untuk dikonsumsi, buah yang satu ini juga punya kemampuan untuk merawat kulit. Kandungan zat bernama Papain dalam pepaya mampu meningkatkan regenerasi kulit dan bersifat anti inflamasi sehingga ampuh untuk mengatasi beruntusan. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan menghancurkan pepaya dengan blender lalu menjadikannya sebagai masker wajah. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan bubuk kunyit yang juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Diamkan masker selama minimal 10 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

source: http://www.webjazba.com/

7. Menjaga Pola Hidup Sehat


Selain menggunanakan bahan-bahan alami dan merawat dari luar. Kita juga harus merawat kulit dari dalam tentunya juga dengan cara yang alami. Hindari makanan-makanan berminyak dan juga junk food. Pernybanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran dan jangan lupa juga untuk tidur yang cukup dan rutin berolahraga!

source: http://www.blackenterprise.com/

Itu dia 7 tips kecantikan untuk menghilangkan beruntusan dengan cepat dan aman. Mudah sekali, bukan? Cara alami ini aman untuk dilakukan setiap hari lho, ladies. Rasakan perbedaannya hanya dalam beberapa hari!