Sebagian besar orang menghindari pakaian berwarna putih karena dianggap mudah kotor dan sulit kembali ke warna semula jika terkena noda. Sayang sekali jika baju putih kesayangan harus masuk lemari hanya karena noda bandel. Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mengusir noda makanan pada pakaian. Beda noda, beda pula cara penanganannya!

1. Noda Kari

Saus kari ala Jepang atau India berbeda dengan masakan kare Indonesia. Teksturnya yang creamy biasanya lebih sulit dibersihkan.
source: http://anakjajan.com/2014/08/19/recipe-panda-japanese-curry-rice/
Jika saus kari tumpah pada pakaianmu,
1) Segera ambil tisu dan lap bagian yang terkena saus kari.
2) Jika memungkinkan, segera basahi noda agar dengan air mengalir. Noda yang mengering akan sulit diangkat.
3) Usapkan sabun cuci piring tipis-tipis sambil dikucek. Jika noda terlalu tebal, diamkan dulu beberapa saat.
4) Belum hilang juga? Oleskan sabun dan diamkan lebih lama, lalu cuci dengan air hangat (kira-kira 40 derajat).

2. Noda Saus & Kecap

Jenis saus termasuk di dalamnya saus tomat, mustard, mayones, dan kecap sering kali tak sengaja mengenai pakaian. Tak perlu panik, noda ini lebih mudah dibersihkan daripada noda kari.
source: http://www.joybauer.com/food-articles/condiments.aspx
1) Oleskan sabun cuci piring langsung pada bagian yang terkena noda. Kamu bisa menggunakan sikat gigi tak terpakai untuk membantu menggosok nodanya.
2) Jika noda sudah hilang, segera cuci dengan air. Namun jika noda masih belum benar-benar hilang, cuci dengan air hangat (kira-kira 40 derajat)

3. Noda Teh & Kopi

Teh atau kopi memiliki warna yang cukup pekat hingga bisa meninggalkan noda pada gelas jika tak dibersihkan dengan teliti. Tentu saja noda ini tak mudah dibersihkan jika mengenai pakaianmu, ya.
source: http://blogs.itb.ac.id/berkahsuprayogi/2015/04/16/cara-jitu-menghilangkan-noda-membandel-pada-pakaian/
Jika kamu bisa mencuci noda teh atau kopi sesegera mungkin, cukup dengan cara pencucian biasa untuk menghilangkannya. Namun jika noda terlanjur mengering, kamu butuh penghilang noda yang aman bagi warna untuk pakaian berwarna. Khusus untuk pakaian putih dan jika cara sebelumnya tak berhasil, campur air dan zat peroksida dengan perbandingan 6:1 dan gosokkan pada noda.

4. Noda Minyak

Noda minyak cenderung sulit dibersihkan dengan air biasa karena sifat air dan minyak yang tidak menyatu. Terlebih lagi jika noda minyak berasal dari masakan yang memiliki warna tajam seperti ayam bumbu bali, dan lain sebagainya.
source: http://www.goodhousekeeping.com/home/cleaning/tips/a19718/how-to-remove-olive-oil-from-concrete/
Jika noda minyak masih tergolong baru, kamu bisa menghilangkan dengan bedak atau kapur. Bedak akan menyerap minyak pada pakaian dan membuatnya lebih mudah dicuci. Namun jika noda minyak itu sudah lama, oleskan deterjen cair pada noda dan diamkan beberapa saat. Selanjutnya cuci pakaian dengan air hangat dan deterjen yang telah ditambah penghilang noda.

5. Noda Cokelat

Jangan sampai kue cokelat yang lezat menjadi petaka bagi pakaianmu! Noda cokelat tidak mudah dibersihkan terutama jika kamu hanya menggunakan air, karena tekstur cokelat cukup pekat.
source: http://www.spencebaby.com/blog/2014/09/stain-removing-solutions
Pertama ambil noda cokelat yang menempel dengan sendok atau spatula. Bukan pisau, ya! Cuci sebisa mungkin dengan air mengalir, lalu gunakan produk penghilang noda yang aman untuk pakaian berwarna. Biarkan beberapa saat, lalu oleskan deterjen cair dan diamkan lagi beberapa saat. Setelah itu kamu bisa mencucinya seperti biasa.

6. Noda Jus Buah

Jus buah terutama dengan warna yang tajam seperti buah naga merah akan sulit dibersihkan jika mengenai pakaian.
source: http://www.kidspot.com.au/funzone/Stain-removal-How-to-remove-juice-stains+5733+575+article.htm
Pertama rendam pakaian yang terkena noda di dalam air dingin beberapa saat. Lalu gosok noda dengan sabun batangan. Segera setelah proses sebelumnya, cuci pakaian dengan air hangat dan gunakan deterjen & penghilang noda (yang aman untuk pakaian warna).

7. Noda Lama di Pakaian

Tidak! Momen nostalgia dengan koleksi baju-baju lama jadi rusak karena menemukan noda lama di pakaian! Semakin lama noda mengendap, maka akan semakin sulit dibersihkan.
source: http://www.bigredhanger.com/testimonials.htm
1) Letakkan pakaian di atas handuk tak terpakai. Oleskan penghilang noda pada bagian yang terkena noda.
2) Tepuk-tepuk noda dengan sikat gigi agar noda bisa berpindah ke handuk. Pindah posisi pakaian agar noda yang menempel di handuk tak kembali ke pakaian. Jangan lupa gunakan handuk tak terpakai, ya!
3) Jika noda masih membandel, gunakan hairdryer! Hawa panas dari hairdryer akan meningkatkan efektifitas penghilang noda.
Dengan begini, kamu tak perlu khawatir lagi mengenakan baju favorit ;)