1. Gunakan Piring Dengan Ukuran yang Lebih Kecil

source: http://www.techeblog.com/index.php/tech-gadget/24-creative-and-useful-health-life-hacks-you-can-start-trying-now
Meskipun dalam porsi yang sama, makanan yang diletakkan pada piring yang lebih kecil akan terlihat lebih banyak. Efek visual dapat mempengaruhi rasa kenyang. Coba ganti piring Minasan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga dapat mengontrol agar tidak makan terlalu banyak.

2. Pilih Gelas Tinggi Langsing untuk Minuman Berkalori

source: http://www.channel4.com/programmes/secret-eaters/articles/all/drink-tall-and-thin
Minuman yang dituangkan pada gelas berukuran tinggi dan langsing akan terlihat lebih banyak bila dibandingkan gelas yang pendek dan gemuk. Sebaiknya gunakan gelas yang tinggi dan langsing saat minum minuman berkalori, seperti jus, untuk menghindari konsumsi yang terlalu banyak.
Studies have shown that we tend to pour more into short, fat glasses than tall, thin glasses, due to an optical illusion.
This illusion deceives us into thinking there's less in a short, fat glass than a tall, thin one, so we pour more into it. Therefore we tend to take in more calories if we drink from short, fat tumblers, or squat, fat wine goblets, than tall, thin, high ball glasses or taller, more elegant flutes etc.
source: http://www.channel4.com/programmes/secret-eaters/articles/all/drink-tall-and-thin

3. Letakkan Cermin di Ruangan Makan

source: http://blog.estrading.com.au/bid/73878/Perfect-Kitchens-for-Compact-Living
Cermin dipercaya dapat membantu menekan hasrat ingin mengonsumsi junk food dan memilih makanan yang lebih sehat. Letakkan cermin dalam ruangan makan atau dapur lalu letakkan kedua jenis makanan, makanan sehat dan junk food, di depan cermin. Tanpa disadari kita akan memilih makanan sehat dibandingkan junk food.
Wiseman cites a study by psychologist Brad Bushman, who found that people make healthier eating choices when they're in a room with a mirror. Seems like an easy way to develop healthier habits, when willpower alone isn't enough.
source: http://lifehacker.com/put-a-mirror-in-your-kitchen-to-trick-yourself-to-eat-h-1537807568

4. Kunyah Permen Karet Manis

source: http://evememory.jp/gum-health-2745
Saat lapar dan ingin memakan sesuatu yang manis, permen karet manis dapat membantu menekan nafsu makan. Permen karet manis dengan rasa buah dapat memberi efek rasa kenyang lebih tinggi dibandingkan dengan permen mint. Pilihan permen karet dengan kandungan kalori di bawah 10 kcal pun banyak, jadi tidak usah khawatir.

5. Kunyah Makanan Secara Perlahan

source: http://skinnyanddebtfree.com/2014/12/16/no-one-has-ever-starved-to-death-by-eating-slowly/
Makan secara perlahan dan tidak terburu-buru dikatakan dapat merangsang pusat kenyang sehingga kita mudah merasa kenyang meskipun makan dengan jumlah yang sedikit. Saat makan terburu-buru kita akan lebih sulit merasa kenyang sehingga tanpa disadari makan lebih banyak.
Dilansir dari sebuah halaman Harvard Health Publications, bahwa untuk bisa merasa kenyang maka otak harus menerima serrangkaian signal dari hormone pencernaan yang telah disekresi oleh saluran pencernaan. Otak membutuhkan waktu yaitu adalah sekitar 20 menit untuk bisa menyadari bahwa perut telah kenyang. Jadi jika kita mengunyah makanan dengan cepat maka kalori yang masuk ke tubuh juga akan semakin banyak sampai kita bisa mendapatkan signal bahwa perut telah kenyang.
source: http://www.seputarfitness.com/manfaat-mengunyah-makanan-secara-perlahan/

6. Gunakan Piring Bewarna Merah

source: http://food.ninemsn.com.au/healthyrecipes/newsandfeatures/8404239/people-who-eat-off-red-plates-cut-their-food-intake-by-40-percent
Piring merah dipercaya dapat membuat makanan yang disajikan menjadi kurang menggugah selera. Ingin mendapatkan efek ganda? Coba gunakan piring merah dengan ukuran kecil.

7. Fokus Saat Makan

source: http://diet.allwomenstalk.com/healthy-ways-to-eat-less/20/
Makan sambil menonton TV ataupun menggunakan smartphone dipercaya sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Tubuh yang tidak fokus saat makan akan lebih sulit merasa kenyang, sehingga tanpa disadari kita bisa makan dengan porsi yang lebih banyak daripada biasanya.
Seperti dilansir Daily Mail (3/6), para peneliti mengatakan bahwa perhatian Anda pada makanan memainkan peran penting dalam nafsu makan, jadi bila konsentrasi Anda terganggu saat makan, Anda akan cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar untuk menyantap makanan ringan.
source: http://www.merdeka.com/sehat/makan-sambil-nonton-tv-atau-pakai-smartphone-bikin-gendut.html

8. Ambil Foto Junk Food Sebelum Memakannya

source: http://www.dailymail.co.uk/femail/food/article-3050116/12-tricks-help-beautiful-food-photos-Instagram.html
Jika Minasan gampang tergoda dengan makanan tinggi kalori seperti makanan manis, fast food, ataupun goreng-gorengan, cobalah untuk memotret makanan tersebut sebelum memakannya. Dikatakan bahwa nafsu makan dapat menurun setelah melihat foto makanan tersebut dengan seksama. Hal ini juga bisa diterapkan pada jenis makanan lainnya yang membuat Minasan ingin memakannya dalam jumlah yang banyak.

9. Hindari Terlalu Banyak Variasi Makanan

source: http://www.wisegeek.com/what-are-the-different-pastry-chef-jobs.htm
Jika di dalam satu piring terdapat berbagai variasi dari satu jenis makanan, membuat kita cenderung ingin mencoba keseluruhan makanan. Hal ini tentunya membuat jumlah makanan yang dikonsumsi menjadi lebih banyak. Dengan jenis makanan yang lebih sedikit Minasan dapat lebih mudah mengatur porsi yang yang akan dikonsumsi karena terhindar dari perasaan ingin mencoba rasa yang lain.