Konsultasikan Dengan Dokter

Konsultasikan permasalahan kram Minasan pada dokter, karena konsumsi obat tertentu dapat memberikan efek samping berupa kram. Dengan mengetahui hal tersebut maka dokter akan memberikan alternatif obat agar Minasan dapat terhindar dari kram.
source: http://www.rsi.co.id/artikel/artikel-kesehatan/content/91-tindakan-pencegahan-kram

Minum Banyak Air Putih

Konsumsi air minum yang cukup akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu meregangkan otot-otot pada jaringan tubuh. Tubuh akan lebih cepat bertambah suhunya dan akan kehilangan banyak cairan pada saat cuaca yang terik atau hangat seperti di Indonesia sehingga terjadi dehidrasi. Kondisi dehidrasi atau kekurangan air yang dibarengi dengan bertambahnya suhu tubuh inilah yang menjadikan otot tubuh rentan terhadap kram. Akan lebih baik lagi jika Minasan menambah porsi minum air putih paling tidak 2 hingga 2,5 liter per hari jika memiliki banyak aktivitas atau berolahraga dengan cuaca yang hangat. Dengan begitu Minasan akan terhindar dari kemungkinan terjadinya kram.
source: http://www.waterkangenku.com/artikel/minum-air-putih-mencegah-kram-otot

Konsumsi Pisang yang Kaya Kalium

Mengonsumsi pisang bisa menjadi solusi saat kram kambuh. Meski khasiatnya tidak bisa dirasakan secara langsung, tetapi pisang dapat membantu mencegah dan meredakan kram otot Minasan. Pisang merupakan makanan yang kaya akan kalium. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam sel tubuh. Tubuh dapat kehilangan keseimbangan cairan akibat keluarnya air melalui keringat, yang dapat memicu penyusutan otot dan kram. Selain pisang, ada beberapa makanan lainnya yang juga kaya akan kalium sehingga efektif untuk mencegah kram otot, seperti asparagus, alpukat, kacang-kacangan, wortel, bayam, dan masih banyak lagi.
source: http://duniafitnes.com/health/pisang-camilan-sehat-untuk-cegah-kram-otot.html

Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat merangsang sirkulasi darah, khususnya pada kaki. Berjalan kaki, bersepeda santai, atau peregangan kaki sebelum tidur dapat Minasan lakukan agar tidur lebih nyenyak dan terbebas dari kram.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/06/24/125419/1949386/1135/5-tips-mencegah-kram-kaki

Perhatikan Kembali Posisi Tidur

Tidurlah dengan posisi yang mencegah otot betis tertekan tanpa disadari seperti menggunakan bantal untuk menyangga telapak kaki saat tidur telentang. Bila Minasan tidur tengkurap, posisikan telapak kaki menggantung di ujung kasur. Usahakan selimut tetap longgar di bagian kaki agar jari-jari dan kaki telapak tidak menghadap ke bawah saat tidur.
source: http://anangkadarsah.blogspot.com/2012/02/cara-efektif-mengatasi-kram-kaki-saat.html