Memiliki berat badan ideal memang menjadi impian banyak wanita. Pada akhirnya banyak wanita yang memilih berbagai motode diet untuk menuju berat badan idel tersebut. Tapi di sisi lain, ada juga wanita yang merasa terlalu kurus dan mencari cara menambah berat badan. Terlalu kurus tentunya juga enggak baik dan bisa memicu berbagai masalah tubuh.

Sama halnya seperti menurunkan berat badan, menambah berat badan juga harus dilakukan dengan usaha. Banyak orang yang merasa sangat kesulitan untuk menambah berat badan meskipun sudah mencoba berbagai cara menggemukkan badan. Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana cara menggemukkan badan dengan cepat, cobain deh 5 langkah menambah berat badan berikut ini

1. Konsumsi Kalori Lebih Banyak


Cara menambah berat badan yang pertama adalah dengan mengonsumsi kalori lebih banyak. Konsumsi kalori lebih banyak bukan berarti kamu bisa makan dengan porsi banyak sembaranyan, ya. Hitung dengan cermat kalori yang masuk ke tubuh dan pastikan kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang terbakar. Kalori yang ditambahkan tidak hanya dimasukkan ke dalam satu porsi makan, tetapi dibagi-bagi ke dalam beberapa porsi makan.

source: http://www.missionmakeover.tv/
baca juga

2. Tambah Asupan Protein


Selain menambahkan jumlah kalori yang dikonsumsi perharinya, kita juga harus meningkatkan asupan protein guna menambahkan massa otot. Jumlah protein yang dibutuhkan normalnya adalah 0,8 gram untuk satu kilogram berat tubuh. Jika sebelumnya kita enggak pernah memerhatikan apakah protein yang kita konsumsi sudah sesuai porsi, maka kali ini kita harus mulia memerhatikannya. Cobalah untuk menambahkan makanan dengan protein tinggi ke dalam menu seperti daging, dada ayam, ikan tuna atau salmon, yoghurt dan susu, telur utuh, hingga kacang kedelai.

source: https://www.eatthis.com/

3. Tambah Intensitas Makan


Menambahkan porsi makan pada pola makan yang biasa mungkin akan menjadi sulit, apalagi untuk kamu yang terbiasa makan dengan porsi yang enggak banyak. Cara untuk mengakalinya adalah dengan cara makan lebih sering. Jika normalnya kamu makan 3 kali sehari, kamu bisa mulai makan sebanyak 5 kali sehari. Tetapi porsi makanan harus tetap diseuaikan agar enggak berlebihan dan juga enggak kurang. 

source: https://www.eatthis.com/
baca juga

4. Jangan Lupa Snacking


Agar proses menambah berat badan dapat lebih cepat, kamu juga bisa menambahkan snack ke dalam menu sehari-hari kamu. Snack bisa dikonsumsi saat jeda di antara waktu makan. Snack yang dipilih juga tentunya bukan snacks sembarangan melainkan snack sehat. Rekomendasi snack sehat yang bisa membantu kamu menambah berat badan antara lain adalah kacang-kacangan, roti gandum dengan selai kacang, dan buah seperti mangga, pisang, dan alpukat. 

source: http://www.healthydietbase.com/

5. Latihan dan Olahraga yang Tepat


Enggak hanya program menurunkan berat badan saja yang membutuhkan olahraga dan latihan tetapi menambahkan berat badan juga. Kamu tentunya enggak ingin semua makanan yang kamu konsumsi hanya berubah menjadi timbunan lemak saja. Tujuan menambah berat badan adalah juga dengan menambah massa otot. Pilihlah latihan angkat beban dan hindari terlalu banyak latihan kardio.

source: https://www.popsugar.com/