Setelah membahas menu sarapan sekaligus budaya makan dari Meksiko, Vietnam, Peru, India, dan Spanyol di bagian 1, kali ini kita akan membahas lanjutan menu sarapan yang tak kalah enaknya!

Bulgaria

Salah satu makanan tradisional khas Bulgaria adalah "banista" yang berupa pie pastry berbentuk lingkaran. Di dalamnya ada bawang bombay, keju, bayam, dan yoghurt. Orang Bulgaria juga gemar makan sayur di pagi hari, sehingga ketimun dan tomat hampir selalu ada di saat sarapan. Untuk saus cocolannya, disajikan juga yoghurt yang telah dicampur irisan ketimun, bawang putih, dan daun dill. Wah, orang Bulgaria benar-benar gemar makan yoghurt, ya!
source: http://ism.excite.co.jp/photo/rid_E1393846858004/p_2.html
Bulgaria merupakan negara yang terkenal akan penghasil yoghurt. Selain dimakan langsung, orang Bulgaria juga mencampurkan yoghurt untuk membuat pie, salad, sup, dessert, dan hidangan lainnya. Karena yoghurt Bulgaria tidak ditambahkan gula, rasa aslinya cocok untuk dicampurkan ke dalam berbagai makanan. Makanan Bulgaria pun mendapat pengaruh dari negara tetangganya, Romania dan Turki.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!bulgaria/c8ds

Rusia

Orang Rusia gemar memakan "kasha" di pagi hari, yaitu semacam cereal yang terbuat dari biji-bijian seperti biji gandum, beras, dan quinoa yang dimasak dengan susu. Ada pula "cutlet" (mirip seperti kroket tapi berisi daging) dan "blini" (pancake tipis dengan topping telur ikan salmon).
source: https://www.pinterest.com/pin/183381016053112431/
Musim dingin di Rusia sangat dingin, sehingga mereka terbiasa memakan makanan yang diawetkan. Walaupun keadaan Rusia sudah semakin membaik, kebiasaan ini tetap dilakukan oleh masyarakatnya. Banyak masakan tradisional Rusia yang menggunakan bahan-bahan yang diawetkan sendiri. Salah satunya, sour cream yang sering digunakan pada berbagai macam Rusia. Orang Rusia juga gemar memakan mayones, apalagi salad buah bit yang ditambahkan mayones.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!russia/c8o6

Inggris

Menu sarapan nasional Inggris yang disebut "full breakfast" ini terdiri dari roti panggang, sup kacang, sosis, bacon, telur orak-arik, tomat, jamur, dan hash brown. Walaupun hanya 1 piring, dijamin Minasan akan merasa kenyang dengan sajian yang lengkap ini! Tidak hanya itu saja, orang Inggris juga gemar menyantap sereal dengan susu dingin terutama di saat musim panas, dan bubur hangat di saat musim dingin.
source: http://tabizine.jp/2013/11/19/1973/
Kelezatan "full breakfast" ini telah mendunia. Saking terkenalnya, novelis asal Inggris Somerset Maugham pernah berkata, "Jika ingin makan enak di Inggris, makan saja menu sarapan 3 kali dalam sehari". Di Inggris sendiri, menu sarapan lengkap ini bisa dimakan di cafe-cafe sepanjang hari, tidak terbatas pagi hari saja. Keistimewaan dari menu "full breakfast" terletak pada semua komponen makanannya yang dimasak hingga matang. Menu ini awalnya ditujukan untuk para buruh di masa Revolusi Industri yang harus bekerja keras dan membutuhkan asupan energi lengkap di pagi hari.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!english/c1hau

Belgia

Makanan khas Belgia yang paling dekat dengan kita mungkin waffle. Ya, cake dengan motif kotak-kotak ini biasanya ditemani dengan es krim, sirup dan buah-buahan. Yummy! Tapi orang Belgia juga mengkonsumsi waffle untuk sarapan, lho. Selain waffle, Belgia juga terkenal akan cokelatnya yang lezat. Orang Belgia gemar mengonsumsi cokelat dalam bentuk minuman cokelat panas di pagi hari dan "dame blanche", dessert berupa es krim vanilla yang disiram saus cokelat serta whipped cream.
source: http://www.vogue.co.jp/lifestyle/news/2014-01/10/world-breakfast-allday
Waffle dari Belgia biasanya berbentuk lingkaran dengan rasa manis yang biasa kita makan. Namun ada 1 lagi jenis waffle yang biasanya berbentuk persegi dengan rasa yang tidak terlalu manis dan disebut "gaufre". Orang Belgia biasanya membeli "gaufre" dan memakannya dalam perjalanan menuju ke kantor. Biasanya, "gaufre" ini ditemani oleh bir dan "carbonade" (daging yang dimasak dengan buah pir dan apel), "stoemp" (mashed potato yang dicampur dengan sayuran), dan salad khas Belgia.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!belgium/c1s7k

Yordania

Menu sarapan di Yordania berkisar seputar roti pita yang ditemani "hummus" (sejenis saus cocolan yang terbuat dari kacang-kacangan), "baba ghanoush" (terbuat dari terong bakar yang dilumatkan), "falafel" (sejenis kroket dari kacang-kacangan), dan "fattoush" (salad khas Arab). Mirip dengan makanan di Yunani maupun Turki, ya?
source: http://tabizine.jp/2013/11/19/1973/
Masyarakat Yordania memiliki kebiasaan makan gandum, zaitun, dan "tabil" (rempah). Masakan daerah ini banyak memakai rempah-rempah yang kuat aroma dan rasanya. Masakan di negara-negara Arab juga memiliki kemiripan dengan masakan dari negara-negara yang berasa di dekat Laut Tengah. Misalnya, makan roti pita di pagi hari yang dicelup "hummus" maupun "baba ghanoush" yang didinginkan.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!jordan/c1wdu
Sekian pembahasan menu sarapan dari berbagai negara yang telah disajikan di "World Breakfast Allday". Masih banyak menu sarapan dari negara lain yang tak kalah menarik. Nantikan ulasan artikel selanjutnya, ya!