1. Bakso Jalil

Dahulu bakso ini berada di Jalan Embong Wungu depan SMP Petra 2. Tetapi sekarang sudah pindah di Jalan Taman Apsari tepatnya di dekat komplek patung Joko Dolog.
source: http://kuliner.sbo.co.id/bakso-pak-djalil-jl-embong-wungu-surabaya/
What? Belasan? Agak kesulitan menghitung jumlah persis gerombolan bakso-bakso itu. Pentol-pentol kecil, tahu setidaknya total ada 16. Pentol kecilnya itu yg asik, kenyal-kenyal pas di kunyah. Memang bertepung, agak rasa daging, tapi enjoyable.Berlawanan dengan pentol baksonya yang bertepung, kuah andalan Bakso Jalil ini justru kaldu banget, keruh dengan serat daging di dalamnya.
source: http://www.inijie.com/2012/08/01/bakso-jalil-petra-embong-wungu/

2. Bakso Solo Pak Jan

Bakso Solo Pak Jan terletak di Jalan Kalimantan. Bagi Minasan penggemar bakso Solo, wajib mampir ke sini. Tapi jangan datang terlalu malam sebab warung ini tutup sebelum magrib.
Rasanya enak semuanya. Kuahnya juga enggak terlalu asin, dan enggak terlalu manis. Pokoknya mantap, apalagi bila di makan dengan sambal, wah tambah maknyus lagi. Sebelun kepedasan, jangan lupa pesan minuman dulu ya! Sebaiknya kamu nyobain, es tape hitam. Dari namanya saja sudah asing di telingga. Makanya patut di coba. Jangan tanya rasanya. Rasanya itu manis, asam dan seger. Top abis deh. Jangan khawatir soal harga. Karena harganya masih murah alias terjangkau.
source: http://ardianatminanto.blogdetik.com/2011/03/10/bakso-maknyus-di-surabaya/
source: http://venny-amelia-feb12.web.unair.ac.id/artikel_detail-86295-Umum-Makin%20Nikmat%20Makan%20Bakso%20di%20bakso%20Solo%20Pak%20Jan.html

3. Bakso Pak Djo

Berawal dari pedagang gerobak sederhana sekarang bakso ini sudah membuka beberapa cabang di Surabaya. Pusat Bakso Pak Djo di Jalan Manyar Tirto Asri XII/2 untuk cabangnya ada di Tunjungan Plaza, Galaxy Mall dan Ciputra Mall.
source: http://marimangan.com/2014/05/15/baksobakwan-terkenal-enak-di-surabaya/comment-page-1/
Tekstur baksonya kenyal, rasa dagingnya terasa sekali dan harga masih terjangkau. Bagaimana Minasan, penasaran dengan rasanya? Langsung saja datang ke sana.

4. Bakso Super Dukuh Kupang

Bakso ini enak dan murah meriah. Letaknya Di Jalan Dukuh Kupang belakang Polsek Surabaya Selatan. Tempatnya ramai karena dekat dengan kampus Universitas Wijaya Kusuma.
source: http://baksonikmat22.blogspot.com/

5. Bakso Unyil

Dari namanya Minasan pasti menebak ukuran bakso ini kecil. Tetapi jangan salah Minasan ukuran Bakso ini besar-besar, baik dari pentol, tahu, siomay, sampai gorengannya pun berukuran besar.
Jl. Kanginan (depannya rumah yang pagarnya hijau), Bakso enak, pentolnya besar-besar, gorengnya renyah, kuahnya lezat. minumanya macem-macem ada es jeruk, es degan, es teh, dll. buka mulai jam 12 siang sampe sore jam 5. Dijamin halal.
source: http://kelanakuliner-missae.blogspot.com/2009/06/gudang-pentol-di-surabaya.html

6. Bakso Pa U’un

Bakso ini letaknya berdekatan dengan kampus Universitas Surabaya, yaitu di Jalan Tenggilis Mejoyo blok AM-36.
Makan bakso Pak Uun enggak usah takut enggak kenyang! Di tempat Pak Uun ini sistemnya Self Service alias ambil sendiri-sendiri sepuasnya. Selesai makan, baru bayar berdasarkan jumlah bakso yang di lahap. Ditipu mahasiswa udah jadi makanan sehari-hari Pak Uun. Tapi bagi dia, yang terpenting adalah banyak mahasiswa yang kembali dan menjadi langganan tetap meskipun sudah tidak kuliah di kampus itu lagi. SELAMAT MENCOBA!
source: https://cheerfulgelda.wordpress.com/tag/foodlovers/
source: https://wisatakulinerindonesia.wordpress.com/

7. Bakso Jagalan

Nah, ini adalah bakso paling tersohor di kota Surabaya. Buka dari jam 5 sore sampai jam 12 malam.
Bakso ini memang identik dengan porsi besar dan porsi kecilnya. Porsi besar berisi 6 macam aneka bakso dan tahu beserta gorengan (ciri khas bakso surabaya), sedangkan porsi kecilnya hanya berisi 4 macam. Meskipun dari kuantitas terlihat sedikit, bakso ini ukurannya berbeda dengan bakso lain. Baksonya sendiri lebih besar dan padat dagingnya dibandingkan dengan bakso lain. Ukuran mangkoknya juga lebih besar dari biasanya. Belum lagi di sini juga menjual lontong alias bakso lontong. Jadi masih nggak kenyang?
source: https://cheerfulgelda.wordpress.com/tag/foodlovers/
source: http://www.haphap.com/id/review/v/bakso-jagalan-bakso-premium-di-surabaya
Dari daftar bakso di atas mana yang sudah pernah kamu coba? Bakso enak di Surabaya mungkin memang tak terhitung jumlahnya. Ada banyak tempat makan bakso dengan varian serta penyajian yang berbeda-beda. Kalau menurutmu bakso mana yang paling direkomendasikan di Surabaya? Yuk, berbagi informasi dengan mengisi bagian comment!