Over Karbohidrat

Mie dan nasi yang dimakan bersama-sama bisa jadi menu makanan yang lezat dan praktis. Namun, keduanya sama-sama mengandung karbohidrat dan jika kamu konsumsi secara bersamaan akan menimbulkan over karbohidrat yang ujung-ujungnya juga tidak baik bagi kesehatan. Memakan keduanya secara bersamaan juga membuat rasa lapar hilang sehingga kecukupan gizi lain yang harusnya kamu konsumsi menjadi tidak terpenuhi.

 

source: https://fenomagz.com

Merusak Pankreas

Bahaya selanjutnya yang mungkin tidak kamu sadari adalah merusak pankreas. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga dapat membuat pankreas kamu rusak. Kok bisa? Hal ini karena organ yang paling berperan dalam mengolah hasil produksi gula yang nantinya diolah menjadi hormon insuli adalah pankreas. Jika terlalu banyak gula dari banyaknya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, maka pankreas akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga lambat laun pankreas mengalami kelelahan dan berujung pada kerusakan.

 

source: http://gefmmadiun.com
baca juga

Diabetes

Makanan enak dan cepat saji, yakni mie dan nasi, ternyata juga bisa jadi pemicu penyakit diabetes lho! Diabetes sendiri adalah kondisi ketika terlalu banyak kalori di dalam tubuh seseorang, sementara hormon insulin tidak mampu merubah kalori tersebut menjadi tenaga. Makan mie instan yang dicampur nasi putih akan menghasilkan kurang lebih 800 - 900 kalori dan sangat tidak dianjurkan bagi tubuh. Ketika makanan yang kamu konsumsi mempunyai kandungan kalori yang tinggi, maka hormon insulin juga ikut tinggi. Jika sudah demikian, pankreas juga akan kelebihan kapasitas dan berakibat pankreas yang seharusnya bisa memisahkan darah dan gula akhirnya tidak bisa bekerja dengan optimal. Ketika pankreas tidak bisa bekerja optimal, maka darah dan gula masih menyatu dan tidak bisa dipisahkan sehingga bila kamu buang air kecil maka urine akan mengandung gula. 

 

source: https://en.tempo.co

Meningkatkan Kerusakan Organ Hati

Selain kerusakan pankreas, hati juga bisa mengalami hal serupa. Karbohidrat berlebih yang ada dalam tubuh akan dipecah menjadi zat lain. Misalnya jika kamu kekurangan nutrisi lemak, maka karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Selanjutnya lemak akan ditransfer ke organ hati sebagai pembantu metabolisme. Namun, jika ternyata hati menjadi tempat menumpuknya sel lemak yang jahat tentunya hal tersebut akan berakibat buruk juga pada organ hati kamu.

 

source: https://www.lebahmaster.com
baca juga

Resiko Obesitas

Memang tak selamanya yang dianggap makanan enak bermanfaat bagi tubuh, misalnya perpaduan mie dan nasi. Tanpa diimbangi dengan zat lain seperti protein dan vitamin, hal tersebut mampu meningkatkan resiko obesitas. Seseorang yang sering mengonsumsi karbohidrat berlebihan seperti mie dan nasi dapat mengakibatkan lingkar perut atau ukuran volume perut akan menjadi lebih lebar. Hal ini terjadi akibat menumpuknya karbohidrat di dalam tubuh. 

 

source: http://bangka.tribunnews.com

Beresiko Terkena Penyakit Jantung

Bahaya lainnya adalah resiko munculnya penyakit jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah pola makan yang kurang sehat. Nah, makan mie dan nasi secara bersamaan juga dapat menghasilkan kolesterol jahat yang tidak baik bagi kesehatan jantung lho! 

 

source: http://alobacsi.com

Sudah tahu kan bahaya apa saja yang mungkin bisa terjadi ketika kamu makan mie dan nasi secara bersamaan? Masih banyak kok makanan lezat lainnya yang menyehatkan. So, mulai dari sekarang kurangi juga konsumsi mie instan dan sebaiknya tidak mencampurnya dengan nasi ya, Beautynesian!