5. Brazil
 

source: https://www.aljazeera.com/


Negara pertama yang memiliki waktu puasa Ramadan tersingkat di dunia adalah Brazil. Sebagai negara dengan populasi Muslim yang cukup sedikit, yaitu sekitar 56-70ribu penduduk, menjalankan ibadah puasa tentu bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, waktu puasa Ramadan di sana hanya sekitar 13 jam saja, lho.
 


4. Afrika Selatan
 

source: http://www.muslimdaily.net/


Selanjutnya, negara dengan lama waktu puasa Ramadan tersingkat ke-4 adalah Afrika Selatan. Muslim yang berada di Afrika Selatan hanya perlu menahan haus dan lapar selama 12 jam saja. Sayangnya, mengingat kondisi cuaca esktrim yang super panas berpuasa selama 12 jam menjadi tantangan tersendiri bagi Muslim di sana. Meskipun begitu, variasi menu makanan halal di Afrika cukup banyak dan mudah ditemukan, lho.
 

baca juga


3. Australia
 

source: http://aboutislam.net/


Nah, negara ketiga dengan waktu puasa Ramadan tersingkat adalah Australia. Muslim di Australia cukup menahan haus dan lapar selama 11 jam saja. Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim yang tidak banyak, Muslim di sana ternyata bisa mendapatkan kemudahan karena cukup banyak tempat makan halal yang bisa ditemukan. Wah, sepertinya menarik mencoba berpuasa di Australia.
 


2. Argentina
 

source: https://www.worldatlas.com/


Sebagai negara dengan populasi penduduk Muslim yang sangatlah sedikit, yaitu hanya sekitar satu persen dari total seluruh penduduknya, berpuasa di bulan Ramadan tetap dijalankan oleh para Muslim di sana. Apalagi mengingat waktu berpuasa di sana sangatlah singkat. Muslim di Argentina hanya perlu menahan haus dan lapar selama 10 jam saja, lho. 
 

baca juga


1. Chili
 

source: https://blog.act.id/


Nah, negara yang memiliki waktu puasa tercepat di dunia selanjutnya adalah Chili. Percaya atau tidak, waktu puasa Ramadan di sana hanyalah sekitar 9 jam 12 menit. Lebih tepatnya, waktu imsak di sana adalah pukul 05.31 CLT, sedangkan untuk waktu berbukanya adalah pukul 15.00 CLT. Wow, cepat banget, ya!