1. Aturlah Jam Tidur Dengan Cukup
 

source: https://www.student.com/


Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mencegah rasa kantuk di siang hari saat puasa adalah dengan memastikan kamu sudah mendapatkan jam tidur yang cukup. Pastikan kamu segera beristirahat setelah pulang dari salat Tarawih. Kemudian, sempatkan tidur sekitar 1 jam setelah sahur. Jangan terlalu lama tidur setelah sahur agar tubuhmu menjadi lebih siap untuk beraktivitas.
 


2. Olahraga Ringan
 

source: https://www.hellodoctor.co.za/


Rasa kantuk muncul akibat peredaran oksigen yang tidak lancar. Jadi, kamu bisa menghilangkan kantuk tersebut dengan bergerak dan beraktivitas. Kamu dapat memulainya dengan melakukan jalan pagi setelah sahur atau jalan sore sambil ngabuburit. Selain itu, kamu juga bisa melakukan peregangan saat tubuh terasa mulai lemas dan mengantuk.
 

baca juga


3. Ambil Nafas Dalam Dan Panjang
 

source: http://bloominhealth.org.uk/


Jika kamu merasa mengantuk di tengah-tengah waktu bekerja di kantor, cobalah untuk meregangkan tubuh sambil mengatur nafas dengan baik. Rasa kantuk akibat kurangnya aliran oksigen dapat diatasi dengan memperlancar pernafasan sehingga oksigen dapat teralirkan dengan baik. Ambil nafas dalam dan panjang untuk mendapatkan tubuh yang lebih segar.
 


4. Power Nap
 

source: http://www.zliving.com/


Tidak bisa dipungkiri, waktu tidur malam yang tersita untuk bersantap sahur kerap kali membuat tubuh menjadi lebih lesu dan mudah mengantuk. Untuk itu, kamu bisa menyempatkan waktu sekitar 30-45 menit untuk tidur siang. Gunakan waktu istirahat makan siang untuk tidur selama bulan Ramadan akan menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi kembali energi agar aktivitas setengah hari selanjutnya dapat berjalan dengan lancar.
 

baca juga


5. Cuci Muka
 

source: https://www.timesmedia.co.id/


Terakhir, jika cara-cara di atas masih tidak berpengaruh banyak, bawalah sabun cuci muka untuk mencuci muka saat rasa kantuk datang di waktu yang tidak tepat. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan tubuh yang lebih fresh dan berenergi. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk selama puasa di bulan Ramadan. Pastikan juga kamu selalu mengajak teman-temanmu untuk berbincang sehingga rasa kantuk dapat teralihkan.