Buah Jeruk

Saat seseorang sakit, biasanya teman dan kerabat akan membawakan buah-buahan sebagai asupan makanan sehat dan bergizi. Sayangnya, tidak untuk jeruk. Meskipun jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, jeruk dapat bereaksi tidak baik jika dikonsumsi bersama dengan obat. Salah satu obat yang dilarang untuk dikonsumsi bersama dengan jeruk adalah obat batuk. Pasalnya, obat batuk yang dikonsumsi bersama dengan jeruk dapat mengakibatkan efek halusinasi, menimbulkan kerusakan otot, dan memicu rasa kantuk yang berlebihan.
 

source: https://www.oasis-botanical.ca/


 


Cokelat

Cokelat memang mempunyai dampak positif jika dikonsumsi saat perasaan dan mood tidak dalam kondisi yang nyaman. Sayangnya, kandungan kafein dalam cokelat memberikan dampak kurang baik jika dikonsumsi bersamaan dengan obat. Jika dikonsumsi bersama, keduanya akan memberikan dampak berupa tubuh menjadi lemas, emosi semakin tidak stabil, serta mood yang lebih sensitif.
 

source: http://indo.amuslima.com/


 

baca juga

Keju dan Daging Olahan

Keju dan daging olahan ternyata juga sebaiknya kamu hindari selama mengonsumsi obat-obatan seperti obat anti depresan hingga obat flu yang mempunyai kandungan pseudopherine. Pasalnya, kandungan zat tyramine dalam daging olahan dan keju jika dicampur dengan obat-obatan tersebut dapat memicu munculnya penyakit asma dan meningkatnya tekanan darah.
 

source: https://www.wonderhowto.com/


 


Susu

Kandungan kalsium dalam susu memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, susu juga dapat berperan dalam menawar racun dalam tubuh. Sayangnya, jika kamu meminum susu saat sedang mengonsumsi obat, fungsi dan kerja dari obat yang kamu konsumsi akan berkurang atau bahkan hilang. Dalam hal ini, susu berperan dalam menetralisir obat-obatan tersebut. Kondisi ini berlaku jika kamu mengonsumsi obat osteoporosis, maag, antibiotik, serta obat-obatan yang berfungsi mengatasi jerawat dan infeksi.
 

source: https://www.hellosehat.com/


 

baca juga

Teh Hijau

Terakhir, minuman yang juga dilarang untuk diminum saat kamu sedang mengonsumsi obat adalah teh hijau. Sama seperti cokelat dan kopi, teh hijau memiliki kandungan kafein dan vitamin K yang seharusnya tidak dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan seperti Kumarin dan Wafarin karena bisa berdampak mencegah proses pembekuan darah.
 

source: https://www.healthline.com/


Nah, itulah beberapa daftar makanan dan minuman yang harus kamu hindari saat dalam periode mengonsumsi obat-obatan. Pastikan kamu memberikan jarak sekitar 3-5 jam untuk mengonsumsi makanan dan minuman di atas dengan obat yang harus kamu minum. Dengan begitu, kerja obat dapat berjalan dengan lebih optimal.