Kehidupan Royal Family alias keluarga kerajaan Inggris memang selalu menjadi sorotan dunia. Salah satu yang terbaru adalah Royal Wedding dari Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sebagai seorang anggota Royal Family, tentunya Meghan Markle kini harus mengikuti semua peraturan untuk para anggota Royal Family, termasuk juga dalam hal fashion.

Yup! Tentunya fashion style dari para anggota Royal Family juga selalu menjadi perhatian publik. Contoh nyatanya adalah Kate Middleton, istri dari Pangeran William. Setelah pernikahannya dengan Pangeran William, Kate Middleton menjadi sorotan, bahkan muncul fenomena yang disebut dengan 'Duchess of Cambridge effect' atau 'Kate Middleton effect' yang berpengaruh pada british fashion hingga ke Amerika Serikat.

Dibalik fashion style modis dari Kate Middleton dan anggota Royal Family lainnya, ada beberapa aturan dress code tertentu yang harus dipatuhi oleh anggota Royal Family. Berikut adalah 7 fakta dress code Royal Family yang mungkin belum kamu tahu!

1. Jeans Tidak Dilarang, Namun Jarang Digunakan
Jeans memang identik dengan style yang sangat santai. Pada dasarnya penggunaan jeans tidak dilarang, tetapi sudah terdapat protokol spesifik untuk Royal Family dalam mengenakan pakaian casual. Para pria disarankan untuk menggunakan chino pants dengan kemeja berkerah atau blazer. Sedang para wanita diarahkan untuk menggunakan casual dress atau celana panjang yang dipadukan cardigan atau jaket. 

Banyak tempat yang melarang penggunaan jeans karena dianggap terlalu santai. Maka dari itu, para anggota Royal Family ini lebih memilih cari aman dan hanya menggunakan jeans saat waktu pribadinya saja. 

source: https://www.glamour.com/
baca juga

2. Tidak Diizinkan Menggunakan Kutek Berwarna
Menggunakan nail polish adalah salah satu cara wanita untuk mempercantik tangannya. Tetapi jika kam perhatikan dengan seksama, tidak ada wanita dari Royal Family yang menggunakan nail polish warna-warni. Eits tapi hal bukan berarti penggunaan kutek dilarang sepenuhnya, ya! Penggunaan nail polish warna nude atau transparan masih diperbolehkan. Contohnya seperti Kate Middleton yang menjadikan Essie Nail Polish dengan shade Allure menjadi shade nail polish favoritnya!

source: http://www.heart.co.uk/

3. Outfit Berwarna Cerah
Ratu Elizabeth kerap kali menggunakan outfit dengan warna cerah. Ternyata hal ini memang sengaja dilakukan. Ratu merasa harus ia harus terlihat menonjol agar publik dapat dengan mudah melihat sosoknya. Pemilihan outfit cerah ini sepertinya juga berpengaruh pada para wanita anggota Royal Family lainnya.

source: https://www.businessinsider.sg/
baca juga

4. Short Skirt and Wedges
Rok atau dress yang terlalu pendek dan juga sepatu wedges ternyata merupakan style yang kurang disukai oleh sang Ratu. Rok atau dress selutut adalah yang lebih disukai oleh Ratu untuk dipakai oleh para wanita Royal Family. Sedangkan untuk wedges memang tidak ada peraturan secara langsung, namun karena seluruh anggota keluarga sudah paham bahwa Ratu Elizabeth tidak menyukainya, maka tidak ada anggota keluarga yang menggunakan wedges dihadapannya.

source: https://www.eonline.com/

5. Tiara Bukan untuk Digunakan Sehari-hari
Tidak seperti di dogeng, para Ratu, Pangeran dan Putri di Royal Family tidak menggunakan tiara atau mahkota setiap saat. Ada beberapa aturan penggunaan tiara. Pertama, tiara hanya digunakan untuk acara-acara resmi tertentu dan tidak digunakan di siang hari. Selain itu, tiara juga hanya digunakan oleh wanita yang sudah menikah.

source: http://www.tatler.com/

6. Prince George's Short Pants
Fashion style dari Pangeran George juga tidak luput dari sorotan. Jika diperhatikan, putra dari Pangeran William dan Kate Middleton ini selalu menggunakan celana pendek diberbagai  kesempatan. Hal ini memang sudah menjadi aturan bahwa anak laki-laki di bawah umur 8 tahun harus menggunakan celana pendek. Celana panjang hanya diperuntukkan untuk anak yang sudah lebih besar dan orang dewasa.

source: http://www.dailymail.co.uk/

7. Clutch
Menggunakan clutch bagi para wanita Royal Family ternyata bukan hanya sedekar untuk kepentingan fashion saja. Mulai dari Sang Ratu, Lady Diana, hingga Putri Kate, menggunakan clutch-nya sebagai penyelamat dari berbagai situasi. Ratu Elizabeth menggunakan clutch-nya untuk memberikan isyarat jika ia sudah ingin meninggalkan suatu acara. Lady Diana menggunakan clutch-nya untuk menutupi bagian tubuhnya ketika turun dari kendaraan. Sedangkan Kate Middleton menggenggam clutch dengan dua tangan ketika tidak bisa berjabat tangan.

source: https://www.popsugar.com/

8. Penggunaan Topi
Salah satu fashion item Royal Family yang tidak luput dari sorotan adalah topi. Ratu Elizabeth sebelumnya menggunakan topi karena menurut tradisi lama, wanita memang sebaiknya tidak memerlihatkan rambutnya. Tapi tradisi ini sudah berubah dan saat ini topi lebih diperuntukkan untuk acara-acara formal. Kate Middleton sendiri menggunakan topi untuk menghormati negara yang dikunjunginya. Sedangkan Lady Diana memilih untuk tidak menggunakan topi karena ketika menggunakan topi, ia merasa kesulitan untuk bercengkrama dengan anak-anak.

source: https://www.popsugar.com/

Nah, itu dia fakta-fakta tentang dress code Royal Family yang wajib kamu tahu! Tidak mempersulit, nyatanya aturan-aturan ini tetap membuat anggota Royal Family bisa tampil fashionable!