Catat Pemasukan

Fluktuasi pemasukan adalah hal yang rutin dialami oleh para freelancer. Dengan melakukan pencatatan pemasukan, Minasan akan mendapatkan list gaji bulanan untuk mengetahui berapa jumlah yang akan digunakan, dan berapa jumlah yang ingin ditabung.
source: http://www.edupristine.com/blog/analysis-of-financial-statement
Helmi Yustita, Pekerja Honorer Kelurahan mengakui meski dirinya mengetahui pemasukan dan pengeluaran, tetapi tidak pernah mencatatkannya secara detail sehingga seringkali yang seharusnya disisihkan habis begitu saja untuk biaya tak terduga atau sekadar 'nongkrong' bersama teman-temannya.
source: http://manajemen.bisnis.com/read/20141119/55/274000/tip-keuangan-ini-perlunya-mencatat-pengeluaran-dan-pemasukan

Tentukan Rencana Pengeluaran

Setelah memiliki catatan pemasukan, tentunya akan sangat mudah untuk menentukan jumlah pengeluaran yang ingin digunakan. Tanpa menentukan rencana pengeluaran, jangan kaget jika Minasan tiba-tiba dikejutkan bahwa pengeluaran Minasan lebih besar dibandingkan pemasukan. Oleh sebab itu, pastikan rencana pengeluaran diutamakan untuk membelanjakan kebutuhan pokok.
source: http://www.alwayssavemoney.ca/#!EASY-WAYS-TO-KICK-START-YOUR-SAVINGS-IN-2015/cu6k/6A1D2404-6BF5-4C57-90D6-56E40E3F4FD6
Data semua hal yang penting dan usahakan untuk menjadikan kebutuhan pokok bulanan sebagai skala prioritas Anda dalam berbelanja. Kebutuhan pokok seperti beras, gula, kopi, teh, sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, shampo dll ini harus Anda perhitungkan dengan cermat jumlah yang akan dibutuhkan selama 1 bulan. Hal ini juga akan mencegah Anda untuk membeli perlengkapan tersier yang tak terlalu penting bagi keluarga secara sementara.
source: http://www.duniaberbicara.com/informasi-umum/moms-pangkas-uang-belanja-bulanan-yuk.html

Siapkan Dana Darurat

Selalu sediakan dana darurat untuk keperluan mendesak. Kita tidak tahu keperluan apa yang tiba-tiba mengharuskan kita untuk mengeluarkan dana cukup besar. Oleh sebab itu, sisakan sejumlah dana setiap bulannya untuk hal-hal yang tak terduga.
source: http://blog.faaastcash.com/5-steps-that-will-put-you-on-a-firm-financial-footing-in-2015/
Kalau Anda lajang dan tidak punya tanggungan, sisihkan uang sebesar tiga kali gaji atau pengeluaran bulanan. Mestinya itu cukup untuk permulaan. Tapi bukan berarti Anda berhenti di titik itu. Makin banyak yang Anda sisihkan, makin "aman" Anda menghadapi beragam perubahan tidak terduga. Kalau memungkinkan, tabunglah hingga 6 kali gaji atau pengeluaran bulanan.
source: http://mywealth.co.id/topic/perencanaan-keuangan/menyiapkan-dana-darurat/
Tabungan adalah model termudah. Namun jika Anda juga ingin memperoleh sejumlah interest atau bunga dari dana tersebut, Anda dapat menyimpannya dalam bentuk tabungan berjangka, tabungan rencana, atau deposito. Namun perlu diingat, pilihlah jangka waktu yang terpendek, agar Anda mudah untuk mencairkannya nanti.
source: https://uangteman.com/blog/berita-uang/cara-mudah-memulai-dana-darurat/

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Dengan gaji bulanan yang fluktuatif, Minasan tentu bisa menggunakan gaji Minasan untuk hangout dengan teman-teman atau membeli sejumlah barang untuk koleksi. Hal tersebut dapat terpenuhi jika gaji yang diperoleh telah melebihi pengeluaran untuk kebutuhan pokok. Jika tidak mencukupi, sebaiknya hindari gaya hidup boros seperti itu, karena kita tidak tahu kapan pemasukan yang kita peroleh tidak lebih besar dari yang sebelum-sebelumnya.
source: http://www.7sur7.be/7s7/fr/1522/Societe/article/detail/2214399/2015/02/11/Ne-faites-surtout-pas-de-shopping-apres-une-mauvaise-journee.dhtml
Coba hitung kira-kira berapa nilai uang yang dibutuhkan saat Anda pensiun. Dengan mengetahui target dana yang harus terkumpul saat pensiun, tindakan konsumtif Anda bisa dikendalikan.
source: https://www.futuready.com/articledetail/index/Cara-Agar-Tidak-Konsumtif

Investasi? Siapa Takut!

Meskipun pemasukan seorang freelancer tidak teratur, bukan berarti Minasan harus menjauhi keinginan untuk berinvestasi. Sebelum Minasan memikirkan kerugian yang diperoleh, pikirkanlah jenis investasi yang tepat dengan resiko yang sangat minim. Misalnya investasi emas, reksadana, atau dollar. Dengan melakukan investasi seperti ini, sama saja Minasan memiliki tabungan pribadi yang akan berguna di waktu mendatang.
source: http://www.ruangfreelance.com/freelancers-sudahkah-anda-berinvestasi/
Namun disadari atau tidak, banyak dari freelancer selalu menghadapi beberapa kendala klise yang sebenarnya berpeluang menjadi solusi menghadapi kondisi keuangan yang tidak tetap. Penyakit yang paling umum adalah malas menabung, tidak tertarik dengan investasi dan tidak berpikir secara jangka panjang.
source: http://www.jawaban.com/read/article/id/2013/09/21/11/130921114158/Pentingnya-Berinvestasi-Bagi-Freelancer
Beberapa langkah sederhana untuk mengatur keuangan di atas bermanfaat bagi Minasan yang berprofesi sebagai freelancer. Meskipun tidak memiliki tunjangan pensiun, ada banyak cara untuk mengelola keuangan dengan beragam investasi beresiko minim. Selamat bekerja!