Pertama kali terjun ke dunia kerja bisa menjadi momen menyenangkan sekaligus menakutkan bagi sebagian orang. Menyenangkan karena bisa mulai menerapkan ilmu dan mendalami bidang yang disukai, ataupun menakutkan karena harus memikul tanggung jawab yang lebih berat. Kamu yang baru pertama terjun ke dunia kerja, baik itu sebagai anak magang ataupun karyawan tetap, memang sebaiknya tidak menyepelekan pekerjaanmu. Namun, kamu juga tidak perlu khawatir berlebihan sehingga malah tidak mampu bekerja dengan baik. Asah 4 kemampuan berikut, niscaya kamu bisa deh menjalani pekerjaan pertamamu dengan baik!


Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim


Setiap jenis pekerjaan di setiap industri pasti membutuhkan kemampuan bekerjasama dalam tim. Mengapa demikian? Karena dalam setiap jenis pekerjaan, kamu pasti akan bekerja dengan orang lain, baik itu dalam divisi yang sama atau bahkan antar divisi. Kamu memahami setiap aspek sosial di kantor, seperti bagaimana mendelegasikan tugas, bagaimana cara bertanya yang baik, hingga bagaimana menghadapi rekan kerja yang selalu menyulitkan pekerjaanmu. Selain itu, kamu juga akan bekerja dengan banyak orang dari berbagai latar belakang berbeda lho. 

source: https://unsplash.com/@anniespratt

Kemampuan Leadership


Selama bekerja, pasti akan ada masanya kamu harus memimpin suatu project di kantor. Tak perlu menunggu hingga kamu duduk di kursi manager, sifat kepemimpinan atau leadership faktanya sudah bisa kamu asah sejak dini. Kemampuan leadership pun meliputi beberapa aspek dari dirimu, seperti kemampuan berkomunikasi (seperti menyampaikan pendapat, menjelaskan sesuatu, ataupun memberikan feedback), kemampuan mendelegasikan tugas, kemampuan memotivasi, hingga kemampuan mengatasi konflik.

source: https://unsplash.com/@brookelark
baca juga

Kemampuan Memecahkan Masalah


Sesuai dengan namanya, kemampuan memecahkan masalah atau problem solving meliputi kemampuan untuk mendeteksi masalah, memproses masalah, membuat strategi, hingga memutuskan langkah yang akan diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Maslaah yang dimaksud juga tidak selalu harus masalah besar yang membuat perusahaan mengalami krisis, namun masalah yang muncul dalam pekerjaan sehari-hari. 

source: https://unsplash.com/@rawpixel

Memiliki Rasa Tanggung Jawab


Rasa tanggung jawab penting untuk dimiliki saat bekerja. Baik itu dalam meeting, project, hingga membalas email dari kolega, pastikan kamu bertanggung jawab atas hal sekecil apapun yang dilakukan. Selain itu, kamu juga perlu belajar untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan apabila tidak mengerjakan pekerjaanmu dengan baik. Bukannya melempar balik ke orang lain, kamu yang berani bertanggung jawab atas tindakanmu pasti akan bisa belajar dari kesalahan dan tidak mengulanginya lagi.

source: https://unsplash.com/@rawpixel
baca juga

Selamat memasuki dunia kerja ya, Ladies! Ingat untuk selalu haus akan pembelajaran ya, agar kamu bisa menanjak karier lebih cepat dan mengasah kemampuanmu.