World Breakfast Allday

Apakah Minasan tahu menu sarapan nasional khas Indonesia? Bagaimana dengan menu sarapan nasional khas Meksiko, India atau Vietnam? Konsep unik yang diusung oleh cafe "World Breakfast Allday" yang berlokasi di Shinjuku, Jepang ini adalah mengenalkan budaya sarapan pagi dari berbagai negara di dunia. Setiap 2 bulan, menunya diperbarui dan diganti oleh menu sarapan negara lainnya, lho!
source: http://www.shipsmag.jp/2013autumn/article.php?no=72
"get acquainted with foreign culture over breakfast." WORLD BREAKFAST ALLDAY presents unique cuisine from all corners of the globe. The national breakfasts of the world are rich in history, yet many are now fading away as people opt to start their day with generic meals. We offer you a chance to indulge in traditional morning meals that are filled with both delicious and intriguing subtleties, and can sweep you up and away on an international voyage.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!concept/c1pyv
Beberapa makanan di bawah ini adalah menu sarapan nasional khas dari berbagai negara yang pernah disajikan di "World Breakfast Allday".

Meksiko

Makanan yang disebut "Chillaques" ini terdiri dari tortilla, telur mata sapi, daging ayam, bawang bombay, alpukat, keju, dan daun seledri. Biasanya dimakan dengan sour cream maupun saus salsa yang hampir selalu ada di masakan khas Meksiko.
source: http://tabizine.jp/2013/11/19/1973/
Jagung yang sering dimakan oleh suku Indio, penduduk asli Meksiko kini menjadi makanan pokok negara ini. Orang Meksiko gemar sekali makan tortilla yang terbuat dari jagung. Saat masa kependudukan Spanyol 300 tahun yang lalu, tentara Spanyol membawa jagung ke daerah Amerika Selatan, dan sekarang jagung telah menjadi bagian dari makanan sehari-hari bagi warga setempat.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!mexico/cksf

Vietnam

"Bun bo xao" adalah makanan tradisional Vietnam yang biasanya dimakan untuk sarapan. Terdiri dari mie beras yang biasa kita sebut "pho", namun orang lokal menyebutnya "bon". Dilengkapi dengan tumisan daging, sayuran dan minyak sebagai dressingnya. Lebih lezat jika dimakan bersama dengan "banh cuon" (lumpia berisi sayuran mentah yang terbuat dari tepung beras).
source: http://www.elle.co.jp/atable/news/worldbreakfastallday_0911
Pagi hari di Vietnam biasanya disibukkan dengan hiruk pikuk orang yang berangkat kerja. Suara klakson dari sepeda motor maupun mobil di jalan akan bergema di seluruh kota. Kebiasaan ini membuat orang Vietnam cenderung makan berat di pagi hari. Makanan pokok Vietnam adalah beras. Selain memakan beras dalam bentuk nasi putih, orang Vietnam juga gemar memakan beras dalam berbagai macam bentuk seperti tepung beras, mie, bubur, hingga lumpia.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!vietnam/ckck

Peru

"Tamal" adalah jenis makanan yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Biasanya diisi dengan tepung jagung, biji-bijian, zaitun, kacang, daging dan cabai. Makanan ini juga didampingi oleh roti yang diisi alpukat yang sudah dilumatkan, sayuran, serta iga babi panggang.
source: http://www.timeout.jp/en/tokyo/event/13536/Breakfast-from-Peru
Masyarakat Peru umumnya membeli "tamal" dari penjual di pasar. Biasanya "tamal" dimakan bersama keluarga di rumah, tapi orang Peru tidak membuatnya sendiri. Jika ingin makan "tamal" di luar, biasanya mereka akan menuju ke pasar untuk memakannya. Selain itu, penduduk Peru juga gemar makan daging berlemak dan minuman hangat di pagi hari.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!peru/cglh

India

Porsi makan orang India biasanya terdiri dari beberapa jenis makanan seperti "idli" (kue kukus yang terbuat dari beras dan lentil), "sambhar" (sup kari sayuran yang agak asam), "vada" (gorengan manis yang terbuat dari tepung kedelai), dan pelengkap lainnya seperti acar. Ini merupakan menu sarapan vegetarian.
source: http://www.timeout.jp/en/tokyo/event/11873/Good-Morning-India
Orang India gemar bangun pagi, sehingga menyiapkan sarapan pagi yang dibuat dengan tangan merupakan aktivitas sehari-hari. India merupakan negara yang luas, sehingga budaya sarapan tiap daerah berbeda-beda. Di India utara, makanan pokoknya adalah "nan" atau "chapati", roti yang terbuat dari tepung gandum. Sedangkan di India selatan, makanan pokoknya adalah beras. Orang India pun gemar memakan makanan yang sehat dan mudah dicerna. Tapi, banyak pula orang India yang vegetarian.
source: http://www.world-breakfast-allday.com/#!india/ckin

Spanyol

Sepiring makanan khas Spanyol ini terdiri dari "pan con tomate" (roti yang diolesi tomat, bawang putih, dan minyak zaitun), "gazpacho" (sup tomat dingin), sayuran, dan tortilla. Berbeda dengan tortilla di Meksiko, tortilla versi Spanyol berupa omelet telur yang diisi kentang dan tepung jagung.
source: https://retrip.jp/articles/4985/
Orang Spanyol biasa makan 5 kali sehari. Makan pagi jam 8 (Desayuno) dan jam 11 (Almurezo). Makan siang jam 2 (comida), makan sore berupa "pan con tomate" (Merienda), dan makan malam jam 9 (Cena). Bagi orang Spanyol, penting untuk makan makanan bergizi dengan porsi yang cukup di siang dan malam hari.
source: https://retrip.jp/articles/4985/
Masih banyak lagi berbagai jenis sarapan dan budaya makan yang menarik dari negara lain. Simak di artikel lanjutanya, ya!