Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini berlokasi di tepi sungai Oya, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Minasan berencana mengunjungi air terjun ini, tidak perlu khawatir tersesat karena banyak penunjuk jalan yang bisa Minasan ikuti.
source: http://www.kompasiana.com/yudikurniawan/menikmati-eksotisnya-sri-gethuk-oase-di-gunung-kidul_552e09e26ea83436268b4574
Air terjun ini terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Air terjun ini diapit oleh tebing tinggi dengan ketinggian mencapai sekitar 50 meter. Terletak diantara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi dengan area persawahan.
source: http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/yogyakarta/441-air_terjun_sri_gethuk.html

Kepercayaan Penduduk Setempat Tentang Air Terjun Sri Gethuk

Masyarakat Indonesia masih banyak yang memiliki kepercayaan akan cerita masa lampau, tidak terkecuali penduduk di Gunung Kidul. Mereka percaya bahwa air terjun Sri Gethuk adalah tempat penyimpanan alat musik gamelan atau kethuk milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu, tempat ini dinamakan air terjun Sri Gethuk yang diambil dari nama alat musik gamelan, kethuk.
source: http://jogjalantai2.blogspot.com/2014/05/air-terjun-sri-gethuk-wisata-alternatif.html
Berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.
source: https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/nature-and-outdoor/sri-gethuk/

Akses Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Dari pusat kota Yogya, Minasan bisa langsung menuju ke arah Gunung Kidul. Banyak penunjuk jalan yang mengarahkan ke lokasi air terjun. Dari desa Bleberan, Minasan bisa berjalan kaki atau menyusuri sungai Oya dengan rakit untuk sampai ke air terjun.
source: http://jogjalantai2.blogspot.com/2014/05/air-terjun-sri-gethuk-wisata-alternatif.html
Dari pusat kota Yogyakarta - Jalan Wonosari - Bukit Pathuk Gunungkidul - Pertigaan Gading ke kanan ke arah Playen. Dari Playen kemudian belok kanan ke arah Kecamatan Palihan. Sekitar dua kilometer dari Kecamatan Palihan akan ada pertigaan, ambil arah ke kanan. Dari sini, Anda akan menjumpai banyak papan petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi air terjun. Anda tinggal ikuti saja petunjuk jalan tersebut. Sekitar tujuh kilometer dari pertigaan Anda sudah sampai di lokasi air terjun.
source: http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/yogyakarta/441-air_terjun_sri_gethuk.html
source: http://jogjalantai2.blogspot.com/2014/05/air-terjun-sri-gethuk-wisata-alternatif.html
Ada dua cara untuk sampai kesana: berjalan kaki melewati jalan setapak atau dengan menyewa rakit dengan tarif Rp10.000.
source: http://www.yukpiknik.com/jogja/air-terjun-sri-gethuk/

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sri Gethuk

Selain bisa menikmati indahnya pemandangan dan gemericik air, Minasan juga bisa berenang. Di lokasi ini ada persewaan ban untuk Minasan yang tidak bisa berenang. Selain itu, bagi Minasan yang hobi fotografi bisa mengabadikan pemandangan atau mengambil foto selfie bersama teman-teman.
source: http://wisataindonesia77.blogspot.com/2014/04/eksotisme-air-terjun-sri-gethuk.html
Di Air Terjun Sri Gethuk kamu tak hanya bisa menikmati keindahan air terjun serta merdunya suara gemericik air. Di area bawah air terjun terdapat beberapa spot yang sangat asyik untuk berenang.
source: http://www.yukpiknik.com/jogja/air-terjun-sri-gethuk/
source: https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/nature-and-outdoor/sri-gethuk/

Air Terjun Sri Gethuk Menjadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Pada bulan Desember 2014, lokasi air terjun Sri Gethuk sempat ditutup untuk pengambilan syuting film Hollywood. Iko Uwais, aktor dari Indonesia turut membintangi film laga tersebut. Wah, keren ya!
source: http://twicsy.com/i/pkyAfh
"Pada 12-15 Desember 2014 lalu air terjun Sri Gethuk ditutup tiga hari karena dijadikan tempat syuting oleh Iko Uwais (film Skyline)" ujarnya. Film skyline ini juga dibintangi aktor Hollywood Frank Grillo. "Ada adegan laganya pas syuting. Masyarakat hanya bisa menonton dari jarak jauh karena tak boleh mendekat," cerita Pono.
source: http://www.merdeka.com/peristiwa/cerita-di-balik-air-terjun-cantik-sri-gethuk-di-gunungkidul.html
Tertarik untuk mengunjungi air terjun Sri Gethuk? Sebaiknya tidak berkunjung saat musim hujan atau apabila Minasan tidak ingin terlalu ramai sebaiknya tidak berkunjung saat musim liburan tiba.