Dunia dikejutkan dengan pertemuan dua pemimpin negara Korea pada akhir April lalu. Sudah bukan rahasia lagi bahwa negara Korea Selatan dan Korea Utara memiliki hubungan yang menegangkan sejak perang tahun 1953. Namun, tanggal 27 April kemarin menjadi momen bersejarah bagi dua negara ini karena pada hari itu, presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu di zona demiliterisasi yang terletak di perbatasan.

source: https://www.businessinsider.sg/


Pertemuan Hangat Antar 2 Pemimpin


Tujuan utama dari pertemuan 2  pemimpin negara yang bersitegang ini adalah untuk melakukan diskusi secara terbuka mengenai banyak isu yang bisa meningkatkan hubungan kedua negara. Lupakan pertemuan formal yang terjadi di kediaman presiden ataupun gedung dinas negara, kedua pemimpin ini nyatanya menggelar pertemuan yang terbilang cukup kasual. Moon Jae-in dan Kim Jong-un terlihat berjalan sambil bergandengan tangan dan juga meminum teh bersama di bawah pohon sambil berbincang hangat.

source: https://www.businessinsider.sg/
baca juga


Makan Malam Bersama


Pertemuan ini berlangsung hingga malam harinya, di mana masing-masing pemimpin ditemani para istri hadir pada acara makan malam bersama. Uniknya, pada makan malam ini ada dessert unik yang dihidangkan, yaitu Mango Mousse. Dessert ini disajikan di dalam cangkang cokelat yang perlu dihancurkan dengan palu, dan kemudian akan terlihat mousse mungil dengan hiasan peta Korea di bagian atas. Menurut Blue House, makanan ini menyimbolkan hubungan hangat antar dua negara Korea yang terbentuk setelah melewati “cangkang keras”.

Lucunya, saat ingin memakan dessert ini, Kim Jong-un sempat kebingungan dan akhirnya dibantu oleh Moon Jae-in. Hubungan mereka terlihat seperti dua sahabat lama, ya?

source: https://www.businessinsider.sg/


Kepulangan Kim Jong-un ke Utara


Masih ada lagi hal unik lain yang bisa disimak di hari bersejarah tersebut, yaitu momen-momen kepulangan im Jong-un ke Utara. Pemimpin Korea Utara tersebut terlihat menaiki limosin hitam sembari dikawal oleh 12 orang bodyguard. Namun menariknya, bodyguard tersebut tidak mengawal sang pemimpin dengan mobil, melainkan berlari-lari di sekeliling limosin yang ditumpangi oleh Kim Jong-un.

source: http://time.com/
baca juga

Salut dengan langkah berani yang diambil oleh dua pemimpin negara konflik ini! Semoga pertemuan antara pemimpin Korea Selatan dan Utara ini bisa menjadi awal hubungan hangat dan perdamaian ya!

Kalau kamu mau ngobrol-ngobrol seputar kejadian yang lagi jadi hot topic, kamu bisa tanya-tanya dan mendiskusikannya di beautynesia.id/forum lho. Di forum ini kamu bisa membuat thread, memberikan komentar dan berdiskusi dengan Beautynesia User lainnya. Jangan lupa sign up di http://beautynesia.id/signup kalau kamu belum punya akun Beautynesia ya.,