1. Rutin Menonton Film Berbahasa Inggris
 

source: https://aiyshahelit.wordpress.com/


Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menonton film berbahasa Inggris. Hindari menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Jika kamu sulit memahami alur cerita, cobalah untuk menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu dapat belajar menggunakan kata-katanya dari dialog-dialog film.
 


2. Dengarkan Lagu-Lagu Berbahasa Inggris
 

source: https://vietbuddies.com/


Selanjutnya, tidak hanya film, kamu juga bisa menambah kosakata dan belajar pengucapaan kata dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Tidak ada salahnya juga untuk melihat lirik lagu dan mencari kata-kata yang tidak kamu pahami. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami dan mengerti pola penggunaan bahasa Inggris.
 

baca juga


3. Baca Artikel Berbahasa Inggris
 

source: https://www.fluentu.com/


Tidak hanya kemampuan mendengar, kefasihan bahasa Inggris juga harus diiringi dengan kemampuan membaca dan menangkap gagasan dari tulisan, apalagi jika kamu seorang mahasiswa. Itulah sebabnya, kamu perlu membiasakan diri untuk rutin membaca tulisan-tulisan berbahasa Inggris. Kamu bisa mengikuti akun-akun sosial media berbahasa Inggris untuk akses harian yang lebih mudah.
 


4. Berlatihlah Menulis Bahasa Inggris
 

source: http://www.genlish.com/


Pertajam kemampuan bahasa Inggris aktifmu dengan menulis. Tidak ada salahnya untuk mulai percaya diri dalam menulis dengan bahasa Inggris. Cara ini bisa dimulai dengan memperbanyak bacaan berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan mulai familiar dengan tata bahasa dan penggunaan kosa kata yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pemeriksa grammar online seperti grammarly jika kamu masih kurang pecaya diri.
 

baca juga


5. Perbanyak Kontak Dengan Orang-Orang Yang Jago Berbahasa Inggris
 

source: http://www.genlish.com/


Terakhir, kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan orang-orang yang memang jago dalam berbahasa Inggris. Kamu bisa menceritakan apa saja yang menjadi hambatan kamu dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengajaknya berbicara dengan bahasa Inggris. Mintalah ia mengoreksi ucapanmu jika ada yang salah. Dari situ, kamu akan semakin terbiasa sedikit demi sedikit. Yang terpenting, tetaplah percaya diri dan jangan minder dalam belajar.