1. Pertimbangkan Lokasi
 

source: http://www.informasikost.com/


Hal pertama yang harus kamu pikirkan saat akan mencari tempat kos adalah lokasinya. Pastikan kamu memilih rumah atau kamar kos yang dekat dengan kampus dan mempunyai akses ke pusat keramaian. Hindari tempat kos yang terpencil dan sepi karena rawan bahaya dan tindak kriminal yang tidak disangka-sangka. 
 


2. Pastikan Ada Ibu Kos Atau Penjaganya
 

source: https://www.kostjakarta.net/


Selanjutnya, untuk keamanan yang lebih lanjut, kamu harus memastikan bahwa tempat kamu terjaga dengan baik. Misalnya, rumah ibu pemilik kos harus berdekatan atau terdapat penjaga yang tinggal di sekitar wilayah kos-kosan. Hal ini penting sekali agar keamanan dapat terpantau dengan lebih baik. 
 

baca juga


3. Kenali Lingkungan Tempat Kos
 

source: http://kospamoyananxv.blogspot.com/


Nah, yang ini harus sangat jeli untuk kamu amati. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana karakter penghuni rumah atau kamar kos sekitarmu. Kamu bisa juga mencari referensi dari senior atau saudara yang memang pernah tinggal di area sekitar kampusmu. Tidak ada salahnya untuk mencari kos-kosan yang memang spesifik khusus wanita atau khusus pria untuk penjagaan yang lebih rapi.
 


4. Pertimbangkan Fasilitas Kos
 

source: http://inspiratips.blogspot.com/


Kemudian, kamu juga bisa mempertimbangkan fasilitas yang ada dalam kamar kos yang akan kamu pilih. Misalnya, akses kamar, lokasi kamar mandi, serta dapur yang bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari sebagai anak kos. Kamu juga bisa mencari tahu kondisi bangunan, air, dan sirkulasi udara karena ini sangat mempengaruhi kondisi kesehatanmu saat tinggal di sana.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih kamar dan rumah kos. Selamat memilih tempat kos dan semoga ulasan ini bermanfaat, ya!