Apa Itu Fruitarian?

Sama halnya dengan vegetarian yang mengonsumsi sayuran sebagai makanan pokok, seorang fruitarian mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan pokok.
source: http://weheartit.com/entry/177778430/search?context_type=search&context_user=saintnatalie&query=fruitarian
Frutarianisme adalah praktik mengganti pola makan dengan hanya mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, bahkan ada yang hanya memakan buah dari tanaman yang hanya jatuh dari pohon secara alami atau yang dipanen tanpa merusak pohon buah tersebut.
source: https://id.wikipedia.org/wiki/Fruitarianisme
Lone Jane, seorang wanita yang berasal dari Australia ini sempat menjadi perbincangan di berbagai media sosial karena pola makan yang dijalaninya. Loni menjalani Plant Based Diet dan setiap harinya bisa mengonsumsi berbagai macam buah dengan jumlah yang cukup banyak.
source: http://www.movenourishbelieve.com/nourish/a-day-in-the-life-of-a-plant-based-diet-with-loni-jane/
The raw food enthusiast whose account has 306k engaged followers, shot to social fame, where she is renowned for her vivaciously vibrant and impeccably styled food posts. While her plant-based approach to nourishing has conjured up a bit of controversy (what doesn't these days?) the former party girl has discovered a way of living that has worked for her, and in her words "the day I made the conscious decision to live a plant-based lifestyle was the day my life changed for the better".
source: http://www.movenourishbelieve.com/nourish/a-day-in-the-life-of-a-plant-based-diet-with-loni-jane/
Ini merupakan salah satu menu sarapan Loni. Loni selalu mem-posting foto menu sehatnya dengan tampilan yang cantik lewat akun instagram-nya.
source: http://www.movenourishbelieve.com/nourish/a-day-in-the-life-of-a-plant-based-diet-with-loni-jane/

Memulai Fruitarian

Untuk memulai menjalani pola makan ala fruitarian tentu saja tidaklah mudah. Oleh karena itu, ada beberapa pola makan yang bisa membantu Minasan jika ingin mencoba menjadi seorang fruitarian.
1. Buatlah Fruit Only Day
Sesuai dengan namanya, saat Fruit Only Day kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan. Hanya mengonsumi buah-buahan yang disukai? Tidak masalah! Tentukan Fruit Only Day 1 hingga 2 hari dalam seminggu. Dengan menerapkan Fruit Only Day dalam waktu sehari sudah bisa memberikan manfaat detoksifikasi bagi tubuh.
source: http://weheartit.com/entry/186173270/search?context_type=search&context_user=alexandra20001d&query=fruit+love
Konsumsi buah-buahan saja tentunya membuat perut terasa cepat lapar. Oleh karena itu, bantu dengan asupan sayur-sayuran hingga terbiasa dengan pola makan buah-buahan saja. Minasan bisa konsumsi smoothies yang terdiri dari campuran buah dan sayur. Sebisa mungkin hindari kentang dan kacang.
2. Tentukan Waktu Makan Dengan Hanya Menu Buah
Metode yang ini mungkin lebih ringan, karena dalam 3 waktu makan dalam sehari Minasan hanya perlu menentukan 1 waktu makan dengan hanya menu buah. Minasan bisa tentukan fruit only menu pada saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Pastikan hanya makan buah saja, ya!
source: http://weheartit.com/entry/168505399/search?context_type=search&context_user=Magi_Georgieva&query=fruit+lover
Fruit only menu memiliki manfaat tersendiri jika dilakukan di waktu makan tertentu. Jika dilakukan di pagi hari, makan manfaat detoksifikasi akan didapat. Jika dikonsumsi pada malam hari, maka akan mencegah penimbunan lemak. Dilakukan saat makan siang pun tidak masalah jika sudah terbiasa. Sesuaikan dengan gaya hidup Minasan.
Jika porsi makan yang dikonsumsi saat 2 waktu makan merupakan porsi biasa (tidak dikurangi), maka persiapkan kurang lebih 300 kalori untuk fruit only menu saat 1 waktu makan. Minasan juga perlu memperhatikan pilihan buah, karena beberapa buah memiliki kandungan kalori tinggi, seperti buah pisang.

Manfaat Fruitarian

Dengan segala kandungan baik yang dimiliki buah-buahan, maka berbagai manfaat kesehatan dapat diraih yang tentunya juga berpengaruh pada kecantikanmu.
source: http://www.healthambition.com/a-fruitarian-diet/
1. Rendah kalori
2. Tidak perlu memasak
3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
4. Terhindar dari permasalahan sembelit