Vegan not Vegan Product

Beauty brand yang satu ini sempat bikin geger dunia kecantikan baru-baru ini. Brand yang fokus pada kecantikan alami wanita ini baru banget meluncurkan maskara baru yang disebut Lash Slick. Maskara yang menjanjikan 'your lash, but better' ini malah menuai protes dari banyak pembeli. Alhasi, baru 24 jam diluncurkan, produk ini sudah ditarik produsen. Kok bisa begitu, ya?

source: https://www.yahoo.com/

Sebelum produk yang hype banget ini diluncurkan pada Rabu minggu lalu, Glossier merilis sebuah pernyataan bahwa maskara ini mengandung formula biotin (vitamin yang dikenal sebagai supplement penumbuh rambut atau bulu) yang vegan dan juga menjanjikan produk ini adaah produk vegan. Karena saat ini banyak wanita yang tertarik membeli produk vegan, tentunya klaim ini bikin penasaarn banget, kan?

 

Refund Masal


Namun sayangnya, beberapa kostumer menyadari bahwa di dalam maskara ini terdapat kandungan beeswax yang sama sekali bukan vegan. Buat yang belum tahu, beeswax sendiri merupakan bahan alami yang dibuat oleh ratu lebah. Mengeluarkan wax ini dari sarang lebah dikenal bisa menyakiti lebah itu sendiri. Sudah pasti klaim vegan adalah strategi pasar yang sia-sia. Padahal, produk maskara ini membutuhkan 18 bulan riset dan 200 kali pergantian formula. 

Glossier Lash Slick yang menjadi tips kecantikan mata natural ini kemudian menuai protes massal. Protes ini sampai ke telinga Glossier HQ dan perusahaan segera meminta maaf, melakukan refund seluruh uang kostumer yang sudah terlanjut membeli maskara tersebut. 
“We understand that if you had known [the mascara was not vegan], your preference may have been to not purchase Lash Slick. The product is on its way to you already, but we’ve proactively refunded you for the full cost of Lash Slick just in case. We sincerely apologize for any disappointment or inconvenience that this may have caused.”
source: https://www.allure.com
baca juga
source: http://editorial.femaledaily.com



 

Harga yang Terlalu Mahal

Bukan cuma klaimnya aja yang kontroversial. Dari formula maskaranya sendiri, brand kecantikan ini juga menuai protes. Glossier memang fokus pada hasil make up natural dan mengusung branding my skin but better. Namun, untuk produk maskara yang punya hasil akhir terlalu natural tanpa membuatnya lebih panjang atau lebat, bikin kebanyakan kostumer berpikir ulang untuk membeli maskara ini. Harganya juga lumayan pricey, yaitu $16. 

source: https://www.cosmopolitan.com