Sedang berusaha menghilangkan jerawat namun jerawat baru sudah muncul lagi? Selain menyalahkan produk skin care yang kamu pakai, coba juga perhatikan cara merawat wajahmu, Ladies! Beberapa kebiasaan yang salah dalam perawatan wajah ternyata bisa memperparah keadaan wajah yang berjerawat. Coba cek beberapa kesalahan di bawah ini. Jika kamu masih melakukan, saatnya ganti cara merawat wajahmu dengan yang benar ya!


Menggunakan Scrub Kasar


Eksfoliasi memang penting untuk menjaga agar kulit bersih dari sel mati dan pori-pori bebas komedo. Namun eksfoliasi fisik dengan menggunakan scrub ternyata malah bisa menjadi bumerang bagi kulit yang berjerawat karena bisa mengiritasi dan memperparah kondisi jerawat.

Solusinya: Bagi pemilik kulit sensitif atau berjerawat, sebaiknya kamu menggunakan BHA dalam rangkaian skin care-mu daripada menggunakan scrub. BHA lebih ampuh dalam membersihkan sel kulit mati dan juga menjaga pori-pori dari pembentukan komedo agar mengurangi pembentukan jerawat.

source: https://www.natalielovesbeauty.com

Mencuci Wajah Lebih dari 3 Kali Sehari


Kulit berjerawat biasanya berminyak. Kulilt yang berminyak bisa terasa tidak nyaman dan mengganggu, sehingga tak jarang banyak orang mencuci wajah agar kulit terasa bersih dan kesat. Sebaiknya jangan lakukan hal ini ya, Ladies! Kulit yang terlalu kering bisa memicu iritasi serta produksi minyak berlebih.

Solusinya: Cuci wajah secukupnya dan gunakan moisturizer agar kelembapan kulit terjaga. Kulit yang lembap akan mengurangi produksi minyak sehingga wajahmu akan terasa lebih nyaman.

source: https://www.kpopmap.com
baca juga

Memakai Make Up dan Brush dengan Orang Lain


Pada dasarnya, jerawat bukanlah seperti “penyakit” yang bisa menular. Meskipun demikian, bakteri, kotoran, hingga sel kulit mati yang terdapat pada brush make up dan kosmetik bisa berpindah ke kulit orang lain dan berpotensi menyebabkan jerawat.

Solusinya: Gunakan perlengkapan make up hanya untuk dirimu dan sebaiknya hindari meminjam kosmetik dan brush milik orang lain.

source: https://www.youtube.com/user/KathleenLights/

Memakai Skin Care dengan Komposisi Ini


Bukannya membuat kulitmu membaik, skin care dengan beberapa kandungan tertentu justru malah bisa mengiritasi dan memperparah keadaan kulit. Kamu yang berjerawat sebaiknya menghindari skin care dan make up dengan kandungan berikut ini ya, Ladies:

  • Pewangi (perfume/fragrance): Kandungan satu ini memang memberikan wangi semerbak pada skin care, namun selain itu pewangi juga berpotensi mengiritasi dan meningkatkan sensitivitas kulit.
  • Pewarna buatan: Bisa menyumbat pori-pori. Duh!
  • Paraben (methylparaben, propylparaben, ethylparaben, butylparaben): Paraben berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur dan mengawetkan skin care. Kandungan satu ini juga sangat beracun dan bisa mengganggu sistem endokrin hingga hormon.
  • Alkohol (alcohol denat, cetyl alcohol, stearyl alcohol, cetearyl alcohol): Alkohol bisa menyumbat pori, mengiritasi, dan membuat kulit kering. Semakin tinggi posisi alkohol di daftar komposisi, semakin kamu harus menjauhi produk tersebut!
source: https://www.empowher.com/