Masa-masa kuliah bisa jadi salah satu momen paling seru dalam hidup. Empat tahun kuliah sangat berbeda dengan tahun-tahun sekolah di mana kamu bisa memiliki fleksibilitas waktu. Tidak lagi harus bangun jam 7 pagi dan sekolah hingga jam 2 siang, kamu bisa lebih bebas untuk mengatur aktivitasmu di sela-sela kelas. Di sini juga kamu ditantang untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Jadwal kuliah tak menentu dan berbagai tugas tidak boleh menghalangimu untuk melakukan aktivitas lain, seperti bersenang-senang hingga aktif mengurus organisasi. Susah enggak sih mengatur waktu buat para mahasiswa aktif yang sibuk? Jawabannya, enggak sama sekali! Ini dia tipsnya!


Stay Organized
Manfaatkan Teknologi untuk Mencatat dan Menjadwal Aktivitasmu


Teknologi sudah semakin maju dan sudah bisa digunakan untuk mempermudah hidupmu, termasuk dalam hal mengatur jadwal. Selain Instagram, pastikan juga kamu memiliki aplikasi catatan serta kalender pada HP dan catat semua jadwalmu di sana. Rapat event, kelas kuliah pengganti, ataupun deadline tugas dari dosen killer, kamu bisa masukkan ke dalam catatan dan kalender agar tidak terlewat. Sibuk sih boleh, tapi deadline tidak boleh ketinggalan ya!

source: https://unsplash.com/@karishea


Know Your Priority
Selesaikan Hal Paling Penting Dahulu


Seringkali, hal yang membuat mahasiswa keteteran adalah karena tidak mengetahui prioritas dalam aktivitasnya, sehingga merasa bingung dan malah tidak menyelesaikan satu pun kewajibannya. Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan membuat dan mengetahui daftar prioritasmu. Dimulai dari tugas terpenting, tersulit, dan deadline terdekat, kamu bisa mengurutkan sendiri mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu agar tidak keteteran.

source: https://unsplash.com/@seankkkkkkkkkkkkkk
baca juga


Keep a Regular Routine
Ciptakan Rutinitas untuk Dirimu 


Kebebasan saat kuliah sebaiknya tidak hanya kamu manfaatkan untuk bersenang-senang, tetapi untuk belajar mengatur dirimu sendiri. Ciptakan rutinitas atau bahkan jadwal untuk setiap aktivitas harianmu, dan cobalah untuk mengikuti jadwal tersebut. Misalnya, mengikuti kelas kuliah pagi hingga siang, mengerjakan tugas, kemudian rapat acara di kampus. Latih dirimu untuk mengikuti rencana yang sudah kamu buat.

source: https://unsplash.com/@brookelark


Know Yourself
Kenali Dirimu Sendiri


Tentunya akan sangat sulit apabila kamu harus menjalani rutinitas yang tidak kamu sukai. Karena itu, manfaatkan kebebasan yang kamu punya dengan menggali potensi dan menciptakan aktivitas yang kamu suka. Dimulai dari hal simpel seperti tidak mengambil kelas pagi ketika kamu tidak suka bangun pagi misalnya, atau ikuti organisasi yang sesuai dengan mintamu. Dengan begini, kamu akan menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik setiap harinya.

source: https://unsplash.com/@kendylenelsen
baca juga


Tak peduli apapun fakultas dan jurusannya, sebaiknya kamu tidak menyepelekan kuliahmu ya, Ladies! Yuk belajar mengatur waktu yang baik agar kamu bisa belajar sekaligus bersenang-senang di masa kuliahmu!