Cokelat

Cokelat merupakan camilan favorit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, cokelat mengandung kafein dan gula yang tinggi, apalagi dark chocolate. Selain kafein, cokelat juga mengandung theobromine yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan membuat sulit tidur. Gula dapat meningkatkan maupun menurunkan tekanan darah dengan cepat. Hal ini akan mempengaruhi nafsu makan yang menyebabkan Minasan akan merasa sangat lapar sehingga ingin makan lebih banyak.
source: http://www.lovethispic.com/image/16410/dark-chocolate-squares

Fast Food

Memesan fast food di malam hari sering menjadi pilihan saat kita merasa lapar. Hal ini harus dikurangi karena fast food banyak mengandung lemak dan minyak. Malam hari merupakan saat di mana pencernaan kita beristirahat, makanan berminyak dan berlemak akan membuat pencernaan bekerja lebih keras dan membuat kita lemas di pagi hari.
source: http://fuckyeahfastfoods.tumblr.com/post/39125457625/foody-goody-by-wendalicious

Keju

Keju yang kaya dengan kalsium harus dihindari di malam hari. Bagi orang-orang dengan intoleransi laktosa sebaiknya menghindari makan keju sebelum tidur. Mengonsumsi keju di malam hari sebelum tidur akan menimbulkan rasa mual dan kenyang pada perut. Bukan hanya itu, kebiasaan mengonsumsi keju sebelum tidur akan membuat Minasan cepat gemuk karena keju mengandung kalori dan lemak yang tinggi.
source: http://www.yangmuda.com/read/detail/2167610/5-makanan-ini-tidak-cocok-dimakan-sebelum-tidur

Makanan Pedas

Makanan pedas sebaiknya dihindari sebelum tidur. Makanan pedas yang mengandung cabai, merica, dan bumbu-bumbu pedas yang lain dapat menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati dan lambung. Hal ini tentunya akan menyebabkan tidur Minasan menjadi tidak nyaman.
source: https://taniameliala.wordpress.com/

Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau dan lainnya mengandung protein tinggi dan serat. Mengonsumsi kacang-kacangan sebelum tidur dapat menimbulkan gas lambung yang membuat perut Minasan terasa sakit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi camilan berjenis kacang-kacangan sebelum tidur.
source: http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-minuman-segar-es-kacang-merah-vanila.html

Soda

Minum soda sebelum tidur akan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Soda merupakan minuman dengan kandungan asam paling tinggi. Dibutuhkan setidaknya 30 gelas air putih untuk menetralkan tingkat keasaman soda dalam perut. Kurangi konsumsi soda di malam hari ya, Minasan!
source: http://www.wartabuana.com/read/49626-minuman-soda-tidak-merusak-ginjal.html

Jus Buah

Jus jeruk, jus anggur atau buah lainnya, sebaiknya tidak diminum di malam hari. Hal ini dikarenakan jus mengandung tingkat keasaman yang tinggi, dan bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit pada ulu hati.
source: http://reps-id.com/9-hal-yang-sebaiknya-tidak-anda-lakukan-setelah-pukul-9-malam/