1. Halamahera Utara, Maluku Utara

Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, Halmahera menawarkan keindahan bawah laut yang menawan. Beberapa ahli menganggapnya sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia. Kawasan penyelaman ini umumnya memiliki arus yang tenang dan jarak pandang yang baik, sehingga cocok bagi penyelam pemula sekali pun. Beberapa titik penyelaman terbaik di Halmahera Utara antara lain Pulau Tagalaya, Pulau Dodola, Tobotobo, Pulau Bobale dan Pulau Powale.
source: http://www.wedadiving.com/

2. Teluk Cendrawasih, Papua

Raja Ampat pasti sudah tidak asing di telinga Minasan. Sebenarnya, di Papua masih banyak tempat lain yang cocok untuk menyelam. Salah satu yang paling indah adalah Teluk Cendrawasih. Tempat ini merupakan Taman Nasional dengan perairan terbesar di dunia. Selain menjadi surga bagi beraneka ragam biota laut, tempat ini juga menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark. Selain bisa menemukan 209 jenis ikan, Minasan juga bisa berenang bersama ikan duyung, paus biru, lumba-lumba, dan tentu saja hiu paus yang jinak itu!
source: http://www.hipwee.com/travel/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/

3. Kepulauan Banda, Maluku

Kepulauan Banda adalah kumpulan pulau vulkanis yang terletak di Laut Banda. Di Kepulauan Banda, tercatat ada lebih dari 25 spot menyelam. Yang paling terkenal di antaranya adalah Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, serta Pulau Ai. Kamu bisa mencapai kepulauan Banda dengan naik pesawat ke Ambon. Setelah itu, menyeberang menggunakan kapal ke Kepulauan Banda. Pastikan kamu datang di musim yang tepat. Awal September sampai akhir Desember adalah saat yang tepat untuk mengarungi laut Banda. Hati-hati saat cuaca sedang buruk, karena tak akan ada kapal yang bisa mengantarmu menyeberang.
source: http://www.hipwee.com/travel/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi sebenarnya adalah akronim dari nama empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi sangat terkenal di kalangan penyelam baik lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia. Di Wakatobi Minasan bisa menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).
source: http://www.hipwee.com/travel/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/

5. Pulau Komodo, NTT

Di lepas pantai Pulau Komodo, tersembunyi eksotisme bawah laut yang indah. Taman Nasional Komodo ini merupakan jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia. Salah satu titik menyelam yang paling menarik adalah Manta Point di mana Minasan bisa memantau Manta (Ikan Pare) pada bulan Maret-April dan September-November. Kalau ingin mengunjungi beberapa titik sekaligus, Minasan bisa memanfaatkan paket wisata dari dive operator lokal.
source: http://www.hipwee.com/travel/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/

6. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan yang terdiri dari 31 pulau yang terkenal antara lain Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Kepulauan ini memiliki pantai-pantai berpasir putih dan surga bawah laut yang luar biasa cantik. Di tempat ini, Minasan bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless yang bisa diajak bermain. Di 28 titik penyelaman yang tersebar di Kepulauan Derawan, Minasan bisa menemukan setidaknya 460 jenis karang dan lebih dari lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa.
source: http://www.talkmen.com/articles/read/420/spot-diving-paling-indah-di-indonesia/

7. Pulau Alor, NTT

Dunia bawah laut Alor setidaknya punya 50 titik menyelam yang tersebar sampai ke Pulau Pantar. Dengan air laut yang jernih, Pulau Alor bisa ditempatkan di posisi yang sama dengan Raja Ampat dan Pulau Komodo. Di Pulau Alor, Minasan dapat menemukan biota laut langka yang beberapa diantaranya bahkan belum mempunyai nama! Oleh para penyelam, titik-titik diving tersebut dikenal dengan sebutan Baruna Dive Sites at Alor, yang lokasinya terbentang mulai dari Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura.
source: http://www.hipwee.com/travel/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/

8. Tulamben, Bali

Tidak heran bila Bali disebut sebagai pulau dewata, tidak hanya pantainya saja yang indah, melainkan pemandangan bawah lautnya pun sangat menarik. Tulamben merupakan salah satu spot terbaik untuk diving di Bali. Para penyelam akan dimanjakan dengan berbagai jenis biota laut, terumbu karang yang indah, dan juga sisa-sisa Perang Dunia II berupa bangkai kapal US Liberty.
source: http://bali.panduanwisata.id/water-sports/mari-menyelam-di-tulamben-bali/

9. Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Selain Bunakan, Selat Lembeh merupakan spot diving yang populer. Segaris selat sempit yang memisahkan antara daerah Bitung, Sulawesi Utara dan Pulau Lembeh ini terlihat biasa saja. Padahal, di baliknya tersembunyi keindahatan hayati bawah laut yang sayang dilewatkan. Meskipun tidak memiliki terumbu karang seperti di Bunaken, tetapi selat yang kondisi dasar lautnya berupa sedimen berlumpur dan kotor ini menjadi habitat yang baik bagi beragam biota laut yang jarang ditemukan di perairan lain. Misalnya seperti gurita mimic, kuda laut pygmy, siput laut tak bercangkang (nudibranch), mandarinfish (Synchiropus splendens), dan frogfish berambut. National Geographic TRAVELER Indonesia menempatkan Selat Lembeh di peringkat ke-3 situs selam terbaik di Indonesia, atau satu peringkat di atas Bunaken.
source: https://acsujabodetabek.wordpress.com/2012/03/09/selat-lembeh-surga-fotografi-bawah-laut/

10. Pulau Weh, Sabang

Di ujung Barat Laut Indonesia, Pulau Weh menawarkan pengalaman menyelam yang tidak akan terlupakan. Setidaknya ada tiga titik penyelaman yang bisa dicoba, yaitu Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon. The Canyon merupakan lokasi menyelam terbaik di Pulau Weh. Lokasinya berupa labirin bebatuan yang remang-remang sehingga menimbulkan kesan mistis tetapi tidak seram. Kalau beruntung, Minasan bisa bertemu dengan napoleon fish raksasa, lho!
source: http://www.hipwee.com/travel/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia-yang-wajib-kamu-jelajahi/