Tips #1: Jangan potong kutikula


Memotong kutikula bukan hal yang baik menurut para ahli, karena bisa menyebabkan infeksi dan iritasi. Hal ini disebabkan adanya ruang kuku yang terbuka lebar sehingga benda apapun bisa masuk ke dalamnya. Selain itu, memotong kutikula juga bisa menyebabkan berbagai masalah kuku seperti kuku menggembung, bintik-bintik putih, maupun garis putih. Pertumbuhan kuku juga bisa terhambat kalau sampai terjadi infeksi.

source: http://buletinaktual.com



 

Tips #2: Berikan pelembab


Hack berikut ini mudah banget, ladies. Karena kutikula juga merupakan bagian kulit, jadi penting banget untuk menjaga area tersebut tetap lembab. Kutikula bisa saja mengering, mengelupas, dan bersisik sama seperti area kulit lainnya. Pelembab bisa menjadi salah satu life hacks agar kutikula tetap sehat.

Saat ini sudah banyak pelembab dalam bentuk hand cream yang bisa kamu pilih untuk diaplikasikan pada kutikula. Namun, jika belum memiliki hand cream, pakai saja pelembab yang kamu punya. Karean semua pelembab bisa dipakai untuk melembabkan kutikula. 

source: http://www.cheatsheet.com



 

baca juga

Tips #3: Jauhi hal yang bisa membuat kutikula mengering


Sebagai wanita, aktivitas bersih-bersih rumah menjadi hal wajib yang harus kita lakukan. Nggak terkecuali mencuci piring. Namun, tanpa kamu sadari, sabun pencuci piring bisa membuat kutikula mengering dan rusak. Tapi, nggak mungkin kan kalau kamu menghindari sabun pencuci piring atau bahkan nggak melakukan aktivitas ini. Nah, agar tangan tetap bersih dan kutikula makin sehat, sebagai hack kecil-kecilan cobalah kenakan sarung tangan saat mencuci piring.

source: http://www.kukucantik.com

Selain itu, kegiatan mempercantik kuku dengan cat kuku juga bisa membuat kutikula kering. Bukan, bukan cat kuku yang menjadi pemicu, namun cairan pembersih cat kuku yang harus kamu jauhi. Kandungan aseton di dalam cairan pembersih kuku ternyata merusak kutikula. Kalau bisa, gunakan cairan pembersih kuku tanpa aseton di dalamnya agar kutikula tetap terjaga kesehatannya.