source: https://www.dailydot.com/

Memiliki wajah awet muda memang diinginkan oleh semua orang. Tapi tentunya wajah yang awet muda tidak bisa didapatkan begitu saja, berbagai tips awet muda harus dilakukan untuk mendapatkannya. Penggunaan skin care anti aging adalah salah satu tips awet muda yang paling praktis untuk kamu lakukan untuk mendapatkan wajah yang awet muda. Meskipun dinamakan sebagai produk anti aging alias anti penuaan, ternyata penggunaan produk anti aging tidak selalu identik dengan orang yang sudah berumur. Kapan sebenarnya waktu yang paling tetap untuk menggunakan krim anti aging? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

source: https://www.salonlotus808.com/
baca juga


Manfaat Krim Anti Aging


Sebelum mengetahui waktu yang tepat untuk menggunaan produk anti aging, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja dan manfaat krim anti aging. Penuaan ditandai dengan beberapa gejala seperti kulit yang kering dan kasar, mulai terlihat kendur, kulit semakin sensitif dan mudah memar, hingga luka yang memakan waktu semakin lama untuk sembuh.

Dalam produk skin care anti aging, terdapat formula yang bisa membantu menyelesaikan semua masalah tersebut. Berikut adalah beberapa kandungan yang umumnya ada dalam krim anti aging :
1. Retinol
Memperbaiki sel kulit dan membantu produksi kolagen. Efeknya kulit juga akan menjadi lebih kencang dan juga sehat.
2. AHA dan BHA
AHA dan BHA berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih lembut. AHA juga berfungsi untuk lemembabkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen kulit. AHA cocok digunakan untuk kulit normal, cenderung kering, dan sensitif. Sedangkan BHA yang lebih cocok untuk kulit normal hingga berminyak sangat cocok untuk mengurangi kemerahan pada wajah.
3. Vitamin C
Tidak hanya berguna untuk memutihkan kulit, vitamin C ternyata juga bisa membuat kulit lebih kuat. Peningkatan produksi kolagen berkat vitamin C juga dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah.
4. Green Tea
Kandungan antioksidan dalam teh hijau sangat berguna untuk mengurangi inflamasi. Selain itu, teh hijau juga mampu mengatasi rusaknya kulit akibat matahari dan meningkatkan produksi kolagen.
5. Vitamin E
Vitamin E bekerja mencegah rusaknya kolagen kulit hingga melindungi membran sel dari efek samping oksidasi. 
6. Niacinamide
Niacinamide adalah komponen dari vitamin B3 yang mampu membebaskan asam lemak pada kulit. Selain itu kandungan yang satu ini juga berguna untuk memperlancar sirkulasi pada lapisan dermis kulit dan membantu menjaga kandungan air dalam kulit.
7. Grape seed
Kandungan anti oksidan dalam biji anggur akan membantu menangkal radikal bebas. Grape seed juga mampu membantu menghilangkan kerutan di wajah dan menyembuhkan luka lebih cepat.


Waktu yang Tepat Menggunakan Anti Aging


Setelah mengetahui masalah yang dapat diselesaikan oleh skin care anti aging, kebanyakan orang pasti berpikir bahwa waktu yang paling tepat untuk menggunakan produk anti aging adalah saat menemukan gejala-gejala tersebut. Tapi pada dasarnya setiap orang menemukan gejala tersebut di umur yang berbeda-beda.  Ada yang mengalami tanda penuaan setelah umut 30 tahun, tapi ada juga yang mengalaminya sebelum umur 30 tahun. Jadi, setiap orang tentunya memiliki waktu yang berbeda-beda untuk menggunakan produk anti aging. Pola hidup seseorang juga memengaruhi kapan ia akan mengalami penuaan. Kehidupan yang kurang sehat akan sangat mungkin memicu terjadinya penuaan dini.

Di sisi lain, sebenarnya kita juga tidak perlu menunggu munculnya gejala penuaan untuk menggunakan produk anti aging. Prinsip 'mencegah lebih baik daripada mengobati' juga berlaku dalam penggunaan produk anti aging. Menggunakan produk anti aging saat sudah muncul gejala penuaan adalah wajib, sedangkan menggunakannya sebelum muncul gejala penuaan sangat disarankan. Banyak juga dokter yang menganjurkan untuk melakukan pencegahan dan juga memperbolehkan penggunaan anti aging sebelum umur 30 tahun. Hal ini menandakan bahwa penggunaan anti aging pada umur 20an aman untuk dilakukan.

source: https://www.infoaging.org/
baca juga


Maksimalkan Penggunaan Krim Anti Aging


Selain menggunakan skin care anti aging, kamu juga harus menerapkan tips awet muda lainnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya gaya hidup merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penuaan. Maka dari itu, jika ingin awet muda, kita harus benar-benar menerapkan pola hidup sehat yang meliputi konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, berhenti merokok dan konsumsi alkohol, dan juga memperbaiki pola tidur.

Jangan lupa juga untuk menggunakan sunblock ketika ingin melakukan kegiatan di luar rumah. Gunakanlah serangkaian produk skin care anti aging dengan konsisten dan juga sesuai aturannya agar skin care tersebut dapat bekerja dengan maksimal.