Tabasco

source: https://www.webstaurantstore.com/tabasco-5-oz-original-hot-sauce-case/125TB00028.html

Pastinya kamu udah familiar dengan sambal yang satu ini bukan? Sambal frementasi yang berasal dari Amerika ini cukup populer di dunia karena rasanya yang unik dan enak. Meskipun tidak terlalu pedas namun sambal yang satu ini selalu menjadi sajian wajib di tempat makan khas Amerika.

 

Salsa

source: https://www.thespruceeats.com/chunky-salsa-recipe-1806779

Salsa adalah salah satu jenis sambal asal meksiko yang paling populer nih beautynesian. Biasanya sambal salsa bisa kamu temuka ketika makan makanan khas meksiko seperti nachos atau burito. Agak sedikit berbeda pada sambal pada umumnya, sambal salsa terbuat dari cacahan tomat dan bawang bombay yang rasanya pas banget buat kamu yang suka sambal.

 

baca juga

Harissa

source: https://www.daringgourmet.com/harissa-tunisian-chile-paste/

Bagi para pecinta makanan pedas, Harissa merupakan sambal khas Tunisia yang paling digemari di dunia. Sambal yang satu ini dibuat dari berbagai campuran sambal merah, paprika dan rempah-rempah yang bikin cita rasa Harissa khas banget di mulut. Nah, biasanya tempat-tempat makan di Tunisia menyimpan Harissa di dalam wadah semacam botol atau semacamnya.

 

Sriracha

source: https://sosusauces.com/products/barrel-aged-sriracha

Kalau kamu sedang jalan-jalan di Thailand dan berencana untuk kulineran di tempat makan, kayaknya enggak afdol jika enggak cicipin cita rasa makanan khas sambal yang satu ini nih beautynesian. Agak sedikit berbeda dengan olahan sambal khas Indonesia, Sriracha lebih bertektur alus dan cair seperti saus sambal kemasan atau Tabasco. Tapi! kalau soal rasa pastinya bikin kamu keringetan deh beautynesian.

 

baca juga

Piri-Piri

source: http://www.chichilicious.com/recipes/piri-piri-sauce/

Menyicipi makanan khas Afrika seperti boerwors atau ayam piri pastinya enggak lengkap jika enggak ditemani oleh makanan sambal piri-piri yang satu ini. Diambil dari nama sambal piri asal Afrika, olahan sambal Piri-piri termasuk kedalam daftar sambal pedas khas Afrika yang selalu jadi primadona penggemar makanan pedas. FIY, setelah di adopsi oleh Portugis, sambal Piri-piri juga terkenal di daerah Eropa dan sekitarnya.

 

Sambal Terasi

source: https://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/04/298/1533571/tips-bikin-sambal-terasi-matang-yang-nendang-ala-chef-brian

Siapa sih yang enggak kegoda sama sambal khas Indonesia yang satu ini? Kamu yang suka makanan pedas pastinya udah enggak asing lagi sama sambal yang satu ini. Olahan sambal kasar yang dicampur dengan bumbu-bumbu dan terasi ini memiliki harum dan cita rasa yang menggoda banget. So, enggak heran jika sambal terasi cukup terkenal di kalangan turis