Teh Dandelion? Seperti Apa Itu?

Sesuai namanya, teh dandelion adalah teh yang diekstrak dari bunga dandelion. Mungkin Minasan pernah mendengar tentang kopi dandelion.

Berbeda dengan kopi dandelion, teh dandelion menggunakan ekstrak yang diambil dari akar dan batang dandelion. Sedangkan kopi dandelion hanya menggunakan ekstrak dari akar bunga dandelion. Rasanya pun hampir mirip.
source: http://halkidiki.co/dandelion-tea-weight-loss/
Baik teh maupun kopi dandelion tidak mengandung kafein, sehingga aman untuk diminum oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Anda juga bisa meminumnya untuk memperbaiki mood.
source: http://by-s.me/article/156295786783339998
Lalu apa yang membuat teh dandelion begitu spesial hingga disukai oleh Miranda Kerr, supermodel kelas dunia itu?
source: http://stellar.ie/beauty/miranda-kerrs-beauty-routine-is-weird-and-painful/

Khasiat Teh Dandelion

Ada beberapa manfaat teh dandelion yang tidak bisa didapatkan dari teh biasa, baik untuk segi kecantikan maupun kesehatan:
1. Menurunkan berat badan. Mengkonsumsi teh dandelion akan menjaga Anda untuk tetap bertahan dari air dan garam berlebih. Selain itu juga dapat mengurangi asupan kalori, sekaligus memelihara tubuh dengan vitamin dan mineral yang cukup.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/41834-meminum-teh-dandelion.html
2. Mengurangi jerawat. Teh dandelion mempunyai manfaat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun ini salah satunya mampu menyebabkan jerawat. Sehingga mengonsumsi teh dandelion baik untuk mengurangi jerawat.
source: http://www.merdeka.com/sehat/ketahui-8-manfaat-kesehatan-dari-si-imut-bunga-dandelion.html
3. Kesehatan kulit. Getah dandelion diyakini menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat, kulit gatal dan eksim. Ini mungkin juga efektif terhadap penyakit kulit seperti panu dan kurap.
source: http://infosehatbugar.com/475/temukan-10-manfaat-dandelion-disini.html
source: http://makeshiftardor618.weebly.com/blog/beautiful-skin-pineapple-ezymatic-facial
4. Melawan kanker. Daun bunga dandelion kaya akan fitonutrien yang membantu mencegah kanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.
source: http://www.merdeka.com/sehat/ketahui-8-manfaat-kesehatan-dari-si-imut-bunga-dandelion.html
5. Kesehatan hati. Sifat diuretik yang ada di dalam dandelion membantu membersihkan hati dari racun. Senyawa yang ditemukan dalam dandelion juga dapat membantu aliran empedu dan merangsang hati serta sistem pencernaan agar berfungsi lebih baik. Antioksidan seperti vitamin C dan luteolin juga dianggap bagus untuk fungsi hati yang sehat.
source: http://infosehatbugar.com/475/temukan-10-manfaat-dandelion-disini.html
6. Membantu kesehatan pencernaan. Secara singkat teh dandelion bersifat diuretik. Contoh penyakit yang bisa disembuhkan dengan teh dandelion adalah sembelit dan penyakit batu ginjal. Dalam penyakit batu ginjal, teh dandelion akan meningkatkan produksi air seni sehingga batu ginjal dapat segera dikeluarkan.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/41834-meminum-teh-dandelion.html
7. Meningkatkan kesehatan tulang. Dandelion kaya akan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini juga baik untuk memerangi keausan tulang yang disebabkan karena penuaan.
source: http://www.merdeka.com/sehat/ketahui-8-manfaat-kesehatan-dari-si-imut-bunga-dandelion.html
Serta masih banyak lagi khasiat lainnya. Wah, pantas saja teh dandelion menjadi favorit Miranda Kerr! Selain bagus untuk kecantikan, manfaat kesehatannya pun banyak.

Waktu yang Tepat untuk Minum Teh Dandelion

Karena minum teh juga dapat mengakibatkan dehidrasi, sebaiknya minum saat sebelum tidur dan setelah bangun pagi. Dengan begini, Minasan bisa langsung meneguk 1-2 gelas air putih untuk mengimbangi cairan yang hilang setelah minum teh.
source: http://www.brit.co/coffee-alternatives-recipes/
Minasan juga bisa meminum teh dandelion di saat mengalami permasalahan seperti di bawah ini.
Teh dandelion juga berkhasiat untuk kesehatan wanita, misalnya memperlancar ASI untuk ibu menyusui. Kandungan zat besi dan Vitamin B2 nya juga baik untuk menyeimbangkan hormon yang tidak stabil, menstruasi yang tidak lancar, keram di saat haid, hingga menjelang menopause. Teh dandelion juga baik untuk permasalahan kesuburan.
source: http://by-s.me/article/156295786783339998
Karena teh dandelion tidak mengandung kafein, teh ini juga populer di kalangan ibu hamil dan para wanita yang pecinta minuman non kafein.

Cara Membuat Teh Dandelion

1. Ambil segenggam bunga daun dandelion, rebus beserta daunnya dengan air selama 3 menit
2. Gunakan saringan untuk menyaring daun dandelion dari air hasil rebusan
3. Teh dandelion siap diminum! Minasan bisa menambahkan gula sesuai selera atau langsung meminumnya
source: http://yaplog.jp/lulala_rurara/archive/2301
Jika sulit menemukan bunga dandelion, Minasan juga bisa membeli teh sachet dalam kemasan di supermarket terdekat.
source: http://www.vogue.com/946960/miranda-kerr-tea-set-for-royal-albert/
Walaupun rasanya agak pahit, ganti tehmu dengan teh dandelion agar lebih sehat dan cantik seperti Miranda Kerr!