Sama-sama mengganggu, komedo hitam dan komedo putih terlihat berbeda di permukaan kulit. Komedo hitam atau blackhead terlihat seperti bintik-bintik hitam, sedangkan komedo putih atau whitehead terlihat menyerupai jerawat kecil berwarna putih. Selain bentuknya, apa lagi yang ternyata berbeda dari kedua jenis komedo ini ya?


Pembentukan Komedo Hitam & Komedo Putih


Kedua jenis komedo, baik hitam maupun putih, sama-sama disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat minyak dan sel kulit mati. Bedanya, pada komedo hitam, pori-pori terbuka dan kumpulan minyak serta sel kulit mati terkena udara sehingga mengalami oksidasi dan berubah warna menjadi hitam.

Sedangkan pada komedo putih, minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori yang tertutup  dan tidak terkena udara, sehingga tidak mengalami oksidasi dan berubah menjadi warna kehitaman. Komedo putih memiliki bentuk yang menyerupai jerawat atau biasa dikenal juga dengan istilah “beruntusan”. Bedanya dengan jerawat, komedo putih ini belum terinfeksi bakteri sehingga tidak meradang dan membentuk jerawat.

source: http://theprettypimple.com


Walaupun Beda Bentuk, Namun Penanganannya Ternyata Sama!


Setiap orang memiliki potensi kemunculan komedo yang berbeda-beda yang disebabkan oleh faktor genetik kulitmu. Ada orang yang cenderung lebih rentan terhadap komedo putih, dan juga sebaliknya. Apapun jenis komedonya, kabar gembira yang perlu kamu tahu adalah kedua komedo ini memiliki cara penanganan yang serupa. Berbagai produk yang berguna untuk membersihkan pori-pori, seperti retinol, salicylic acid, benzoyl peroxide, serta sulfur ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan komedo yang ampuh.

source: https://unsplash.com/@jtylernix
baca juga


Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan kulit dari komedo hitam dan putih yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan sabun dengan kandungan asam salisilat (salicylic acid), atau dengan rutin menggunakan toner dan exfoliator dengan kandungan AHA dan BHA. Bahan-bahan ini bisa meningkatkan pergantian sel kulit agar pori-pori menjadi bersih.