Apa Itu Persona?

Persona merupakan aplikasi di bawah naungan PT. Gapcer Sahabat Muda yang didirikan oleh empat orang pemuda. Aplikasi ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi pengguna media sosial yang kerap memposting hal-hal bersifat pribadi, namun seringkali merasa terbatasi dengan reaksi pengguna lain yang merasa terganggu. Persona memberikan alternatif bagi pengguna media sosial ini untuk mencurahkan unek-uneknya dengan identitas yang dirahasiakan dan profile picture yang sudah disediakan oleh aplikasi.
Aplikasi chatting buatan anak negeri, Persona, siap menjadi pengganti dari aplikasi Secret yang pekan ini telah resmi ditutup oleh pemiliknya asal Amerika Serikat. Habibi Rizqi Ramadhan, salah satu co founder aplikasi Persona, mengatakan pihaknya telah menyiapkan aplikasi yang bakal menjadi ruang berbagi bebas bully.
source: http://showbiz.liputan6.com/read/2230685/aplikasi-persona-siap-tampung-pengguna-aplikasi-secret

Tujuan Persona

Banyaknya kemunculan media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan Path membuat banyak orang merasa berhak mengungkapkan apa yang ia rasakan melalui media tersebut. Akan tetapi, tak sedikit yang menjadikan Si Pengguna yang terlalu mengekspos kehidupan pribadinya menjadi korban bully. Di sinilah peran Persona sebagai media untuk mengekspresikan kebebasan tanpa khawatir di-bully.
Bukan hanya tentang cinta, kegalauan, tapi juga tentang cita-cita, persahabatan, obrolan remeh temeh sampai masalah-masalah genting soal hidup. Tentu semua kebebasan perlu pagar tersendiri yang dinamakan aturan agar menjadikan kita tahu mana yang tepat untuk diekspresikan dan mana yang tidak.
source: http://blog.personatalk.com/ekspresi-kebebasan-dan-persona-talk/

Fitur-Fitur Persona

Keamanan identitas adalah fitur utama aplikasi ini, oleh karena itu user bisa mengekspresikan apapun melalui Persona tanpa khawatir untuk di-bully. Selain keamanan identitas, user juga bisa memilih kategori chat room seperti CurHeart, Random and Fun, dan Inspiring. Selain itu, ada juga chat room yang diambil dari topik yang sedang tren di Persona serta chat room untuk mencari teman yang berlokasi tidak jauh dari tempat tinggal kita melalui sinkronisasi GPS.
source: http://id.techinasia.com/aplikasi-chatting-persona/
Selain fitur-fitur di atas, Minasan juga bisa mengupload foto serta foto real Minasan yang unik sebagai foto profil. Tapi tetap dengan identitas yang tak terlihat di chat room. Fitur ini disebut dengan Emojivatar.
source: https://www.pinterest.com/pin/498210777505365728/

Total Pengguna dan Dukungan dari Kak Seto

Meski baru saja dimulai pada bulan Oktober 2014, ada sekitar lebih dari 450 user yang mendownload melalui Playstore. Hal ini berarti dalam jangka waktu delapan bulan Persona sudah mendapatkan ratusan pengunjung yang mencurahkan banyak hal di dalamnya.
Selain mendapat jumlah user yang tidak sedikit, aplikasi yang sebelumnya diberi nama Solutalk ini juga mendapat respon positif dari Kak Seto, lho.

Menuju Aplikasi yang Lebih Baik

Tim dari Persona mengakui bahwa aplikasi ini masih memiliki kekurangan di beberapa titik. Namun, tim pengembang Persona hingga saat ini terus melakukan perbaikan agar kualitas Persona menjadi lebih baik.
source:
Hingga saat ini tim Persona mengaku masih melakukan beberapa perbaikan untuk aplikasi ini. Habibi menambahkan bahwa target di 2015 adalah mendapat lebih banyak pengguna. Saat ini ia mengklaim Persona sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 pengguna. Dari angka tersebut, 60 persen di antaranya merupakan pengguna aktif.
source: http://id.techinasia.com/aplikasi-chatting-persona/
Persona masih tergolong baru dalam bisnis komunikasi sehingga tentu saja dibutuhkan banyak masukan dari pengguna. Dengan begitu, aplikasi ini akan dapat berkembang dan bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi dengan bebas dan nyaman. Selamat mencoba!