Mie instan merupakan salah satu makanan enak dengan harga yang murah dan juga cara yang sangat praktis untuk memasaknya. Orang yang enggak bisa masak sekalipun, enggak akan merasa kesulitan memakan mie instan. Meskipun enggak bisa disebut dengan makanan sehat, tapi mie instan tetap menjadi pilihan banyak orang. Makanan enak yang satu ini juga seringkali dijadikan andalah bagi para anak kost.

Mie instan enggak hanya populer di Indonesia. Mie instan bisa dikatan sebagai makanan andalan di berbagai negara di dunia. Setiap negara biasanya memiliki mie instan dengan ciri khasnya sendiri. Penasaran negara mana saja yang banyak mengonsumsi mie instan selain indonesia? Ini dia deretan 7 negara dengan konsumsi mie instan paling tinggi di dunia berdasarkan data yang dihimpun oleh WINA (World Instant Noodles Association)!


 

Korea Selatan


Makanan yang sering kita lihat di drama Korea memang merupakan makanan-makanan yang paling umum dikonsumsi oleh orang Korea. Jika diperhatikan, ramyeon adalah salah satu hidangan yang paling sering muncul. Ramyeon adalah hidangan mie khas Korea yang biasanya memang berbentuk mie instan. Korea menempati posisi ketujuh dari negara dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia.

Konsumsi mie instan di Korea mencapai 3.83 milyar porsi pertahun. Mie instan khas Korea ini juga banyak diekspor ke luar, salah satunya juga ke Indonesia. Mie instan khas Korea ini banyak yang terkenal dan diminati di Indonesia karena rasa pedasnya yang menantang.

source: https://korea.iyaa.com/


 

baca juga

Amerika Serikat


Amerika Serikat adalah satu-satunya negara di luar Asia yang menempati posisi 7 negara dengan konsumsi mie instan paling tinggi di dunia. Berada di urutan keenam, konsumsi mie instan di Amerika Serikat mencapai 4.1 milyar porsi pertahun. Konsumsi mie instan di Amerika ini didominasi oleh mie instan yang berasal dari Jepang dan juga Korea.

source: https://www.thestreet.com/


 

India


Posisi negara dengan konsumsi mie instan tertinggi selanjutnya adalah India. Negara yang memiliki banyak makanan khas dengan bumbu yang cukup kuat ini ternyata penduduknya juga sangat suka mengonsumsi mi instan. Menurut data WINA, pada tahun 2016 permintaan mie instan di india mencapai 4.27 milyar pertahun, naik dari jumlah 3.26 milyar pada tahun 2015. Tapi dalam kurun waktu 2012 hingga 2016, permintaan mie instan di India paling tinggi pada tahun 2014 yaitu mencapai 5.34 Milyar porsi. 

source: http://www.scmp.com/


 

baca juga

Vietnam


Negara dengan konsumsi mie instan terbanyak diposisi keempat ditempati oleh vietnam. Salah satu makanan khas Vietnam yang paling mendunia adalah Pho yang merupakan olahan mie. Enggak heran ya jika mie instan juga sangat diminati oleh orang Vietnam. Setiap tahunnya, Vietnam menghabiskan rata-rata 4.99 Milyar porsi mie instan.

source: https://savuryandsweet.com/


 

Jepang


Seperti halnya Korea yang terkenal dengan ramyeon, maka Jepang memiliki mie andalannya sendiri yaitu ramen. Mie asal Jepang yang satu ini memang sangat mendunia, baik dalam bentuk instan maupun tidak. Namun ternyata Jepang hanya menepati posisi ketiga dalam jajaran negara dengan tingkat konsumsi mie instan tertinggi di dunia. Pada tahun 2016, tercatat permintaan mie instan di Jepang mencapai 5.66 Milyar porsi.

source: http://www.totsandmoms.com/


 

Indonesia


Indonesia berada di posisi kedua negara dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia. Jumlah permintaan mie instan di Indosia cukup fantastis yaitu mencapai 13 Milyar porsi pada tahun 2016. Mie instan memang menjadi makanan andalan bagi banyak warga Indonesia. Belum lagi kini semakin banyak makanan yang dimodifikasi dari mie instan, pastinya saat ini jumlah konsumsinya sudah semakin tinggi, ya!

source: http://www.gregetin.com/


 

Tiongkok


Sebagai negara dengan penduduk terbanyak dan terpadat di dunia, Tiongkok menempati urutan pertama sebagai negara dengan konsumsi mie instan tertinggi. Enggak tanggung-tanggung, konsumsi mie instan di Tiongkok, jumlahnya lebih dari tiga kali lipat dari konsumsi mie instan di Indonesia yaitu mencapai 38.52 Milyar pada tahun 2016. Wow! Padahal jumlah ini sudah turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya menembus 40 Milyar lebih.

source: https://www.npr.org/

Itu dia 7 negara dengan konsumsi mie instan paling tinggi di dunia. Mengonsumsi mie instan memang enggak ada salahnya ya, Beautynesian. Tapi jangan lupa untuk jangan berlebihan dan seimbangkan dengan makanan sehat lainnya, ya!