Jika mendengar tentang jurusan kuliah ekonomi, komunukasi, kedokteran, ataupun sastra, kamu pastinya sudah enggak asing lagi. Kita bahkan bisa menemukan jurusan kuliah tersebut di berbagai universitas di Indonesia atau bahan di universitas yang di seluruh dunia. Ilmu-ilmu tersebut memang merupakan ilmu yang sudah umum kita dengar. Tapi di sisi lain kamu juga akan menemukan jurusan kuliah unik yang enggak bisa disebut umum.

Setiap tempat dan negara berbeda, tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda. Hal ini kemudian memicu munculnya beberapa jurusan kuliah unik yang hanya muncul di negara tertentu. Selain itu, ilmu merupakan hal yang dinamis dan terus berkembang. Seiring dengan perkembangannya tersebut, kebutuhan dunia juga tentunya berubah. Berbagai jurusan kuliah ataupun mata kuliah baru kembali bermunculan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Apa saja jurusan unik yang ada di dunia ini? Let's get to the list!

1. Mortuary Science


Jurusan kulihan unik yang pertama adalah Mortuary Science yang mempelajari berbagai hal tentang pemakanan dan juga urusan orang meninggal. Lulusan dari jurusan ini akan bekerja di rumah duka atau penyelenggara funeral services. Jurusan yang satu ini sudah umum ditemukan di Amerika Serikat seperti di University of Minnesota atau jika tertarik kamu juga bisa masuk ke Cincinnati College of Mortuary Science yang ada di Ohio.

source: http://www.wilbert.com/
baca juga

2. Metalsmithing or Blacksmithing


Menjadi pandai besi terdengar seperti profesi yang kuno? Ternyata kita salah besar. Ilmu yang satu ini masih sangat digemari dan bahkan kamu bisa mempelajarinya di bangku kuliah. Kamu bisa menemukan jurusan Blacksmithing or Metalsmithing ini di berbagai sekolah atau fakultas seni di universitas di Amerika dan Eropa.

source: http://www.alfolkschool.com/

3. Wang Hong (Cyber Celebrity)


Menjadi viral adalah hal yang menjadi impian banyak orang saat ini. Salah satu universitas di Cina, bernama Yiwu Industrial & Commercial College, membuka sebuah jurusan yang akan mengajarkan kamu bagaimana menjadi seorang Wang Hong atau cyber celebrity. Enggak bisa dipungkiri memang bahwa profesi sebagai cyber celebrity ini memang memiliki penghasilan yang cukup tinggi.

source: https://www.pinterest.co.uk/
baca juga

4. Meme Studies


Jurusan kuliah yang selanjutnya juga enggak kalah kekinian, nih. Seperti yang kita ketahui perkembangan meme beberapa tahun belakangan ini semakin pesat. Ternyata enggak hanya untuk sekedar hiburan saja, banyak yang bisa dikaji dari sebuah meme. Tertarik dengan jurusan yang satu ini? Kamu bisa mencobanya di Northwestern University, Illinois, atau di University of California, Berkeley.

source: https://www.8satire.com/

5. Parapsychology


Jurusan selanjutnya adalah Parapsychology yang ada di Coventry University, Inggris. Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal mistis. Parapsychology mengkaji berbagai paranormal phenomena dari segi ilmiah. Jurusan ini juga mempelajari tentang persepsi extra-sensory yang berarti komunikasi di luar kata-kata, sentuhan, penglihatan, atau penciuman yang terjadi di antara dua orang atau yang kita kenal juga dengan telepati.

source: https://www.opencollege.info/

6. Surf Science and Technology


Tertarik dengan olahraga surfing lebih dari sekedar melakukannya saja? Kamu bisa belajar tentang seluk beluk olahraga satu ini di Cornwall College, Inggris. Bukan hanya sekedar belajar untuk menangkap ombak, jurusan ini juga mempelajari tentang membuat papan surfing, surfing dalam perspektif sosiologis dan psikologis, hingga hubungan manusia dan juga kebugaran.

source: https://travel.usnews.com/

7. Adventure and Oudoor Education


Berpetualang dan bertahan di alam bebas ternyata ada pendidikannya juga, Beautynesian. Kamu akan belajar bagaimana cara menjadi seorang petualang profesional. Kamu bisa menemukan jurusan Adventure Education di University of Chichester dan Outdoor Leadership di University of Cumbria, Inggris.

source: http://adventure.stanford.edu/

8. Feel The Force: How to Train in the Jedi Way


Pecinta film Star Wars pasti sudah enggak asing lagi dengan istilah force dan Jedi. Nah, buat para pecinta film Star Wars yang ingin tahu bagaimana caranya berlatih menjadi seorang Jedi, Queen’s University Belfast menyediakan kelasnya, nih. Kamu akan di ajari bagaimana teknis psikologis kehidupan nyata di balik trik pikiran Jedi hingga berbagai isu yang lebih dalam dari dunia Star Wars.

source: http://www.starwarsunderworld.com/

9. Harry Potter : Culture and Folklore


Selanjutnya adalah mata kuliah yang wajib dicoba oleh pecinta buku dan film Harry Potter. Harus diakui bahwa karya dari JK Rowling ini memang sangat menakjubkan dan sangat luas untuk dikaji. Di dunia, ada lebih dari 10 universitas yang membuka kelas dimana kamu bisa belajar tentang Harry Potter. Tapi jangan membayangkan apa yang dipelajari adalah sihir seperti di Hogwarts, ya!

source: https://hellogiggles.com/

10. The Simpsons Philosophy


Enggak kalah dengan Star Wars dan juga Harry Potter, The Simpsons juga merupakan sebuah karya yang fenomenal. Serial kartun yang satu ini dianggap banyak menghadirkan pemikiran para filsuf dunia. Hal ini kemudian membuat University of Glaslow di Skotlandia, membuka kelas filsafat 'The Simpsons'. Mahasiswa diharapkan dapat lebih mudah memahami ilmu filsafat melalui serial kartun populer ini.

source: http://variety.com/