Komedo merupakan masalah kulit wajah yang hampir dialami oleh semua orang. Kemunculan komedo ini sangat mengganggu penampilan dan bisa membuat kita jadi enggak percaya diri. Rasanya ingin segera mencari cara menghilangkan komedo agar komedo segera lenyap dari wajah.

Menghilangkan komedo dengan cara membersihkan komedo sendiri di rumah memang enggak ada salahnya. Bahkan menjadi salah satu cara parling praktis untuk menghilangkan komedo. Tapi kamu harus tetap berhati-hati melakukannya, karena jika salah, kamu justru bisa melukai kulit wajahmu.  Sebelum kamu melakukannya, perhatikan cara membersihkan komedo di rumah dengan benar berikut ini dulu, yuk!

1. Bersihkan wajah dan tangan
Tips pertama adalah kamu harus memerhatikan kebersihan wajah dan tanganmu. Jika kamu menggunakan alat pemencet komedo, pastikan kamu sudah mensterilkannya juga. Memastikan semuanya bersih sangat penting agar enggak ada kesempatan untuk bakteri masuk ke dalam kulitmu. Jika kamu kurang memerhatikan kebersihan, akibatnya bisa muncul komedo yang lebih banyak atau bahkan jerawat akibat adanya bakteri yang menginfeksi kulit.

source: https://www.statefarm.com/
baca juga

2. Menguapkan wajah
Agar komedo lebih mudah untuk dikeluarkan, kamu harus menguapkan wajah kamu terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menghadapkan wajah pada sebaskom air hangat dan menutup tubuh dan kepala dengan handuk. Cara lain yang lebih mudah adalah kamu bisa mengompres wajah dengan air hangat ataupun mandi dengan air hangat tepat sebelum kamu memencet komedo.

source: https://www.enkimd.com/

3. Pencet komedo perlahan
Setelah sudah siap, kamu bisa mulai memencet komedo baik menggunakan alat ataupun tangan. Lakukan dengan perlahan agar kulitmu enggak terluka. Jangan paksakan memencet komedo yang belum siap untuk dipencet. Hentikan memencet komedo jika komedo yang sudah dipencet sebanyak tiga kali namun enggak juga keluar. Jangan memaksakan jika kamu enggak ingin kulitmu terluka dan terjadi iritasi.

source: https://www.healthline.com/
baca juga

4. Kompres wajah dengan air dingin
Setelah selesai memencet komedo, bersihkan wajah dan kompres wajah dengan air dingin. Tujuannya adalah agar pori-pori kulit yang terbuka kembali tertutup. Air dingin juga berfungsi untuk mengurangi resiko adanya infeksi karena air dingin baik untuk mengurangi peradangan. Gunakan handuk yang sudah dibasahi air dingin untuk mengompres hidung dan seluruh wajah.

source: https://www.stylist.co.uk/

5. Gunakan toner atau face mask
Tips selanjutnya ketika memencet komedo di rumah adalah jangan lupa untuk membersihkan kulit dengan toner atau kamu juga bisa menggunakan masker wajah alami. Langkah yang satu ini akan membantu kamu membuat kulit lebih bersih dan juga tentunya lebih segar.

source: https://www.today.com/

Itu dia tips yang harus kamu perhatikan jika ingin memencet komedo di rumah. Selamat mencoba!