1. Cleansing Oil


Wajah yang kering butuh minyak tambahan di kulit agar lebih lembap. Untuk mengawali daily skin care routine untuk kulit kering, pilih cleansing oil untuk membersihkan make up dan debu. Cleansing oil nggak seperti skin care pembersih lain yang bisa membuat wajah kering. Sebaliknya kulit wajah akan semakin lembap dan terasa kenyal. Cleansing oil juga terbukti ampuh mengangkat make up yang bersifat waterproof, lho! Tapi, lebih baik menggunakan cleansing oil setelah seharian beraktivitas atau pada malam hari. 
 

source: http://thebeautycollection.com.au



 

2. Facial Wash


Kulit kering nggak boleh memakai sembarang facial wash, lho! Kamu harus menjauhi produk skin care facial wash yang bisa membuat kulit jadi lebih kering dan kesat setelah pemakaian. Selain harus bisa membersihkan, facial wash untuk kulit kering juga harus mengandung moisturizer dan bersifat hydrating. Pilih juga facial wash yang nggak banyak menghasilkan busa, ya!

source: https://www.allure.com





 

baca juga

3. Exfoliating


Tahap selanjutnya setelah facial wash, jangan dulu memakai toner. Kamu harus melakukan exfoliating paling nggak 2-3 kali dalam seminggu. Seperti halnya para wanita Korea yang memiliki kulit kering, kamu juga harus mengeksfoliasi kulitmu dengan produk exfoliator yang mengandung PHA dan AHA. Produk exfoliator ini bisa lebih mudah diserap oleh kulit, mampu memperbaiki tingkat kolagen, meningkatkan ketebalan dan kelembapan kulit. Kulit juga akan menjadi halus dan warna kulit merata berkat PHA. 

source: http://omgbart.com



 

4. Toner


Meski kamu sudah membersihkan wajah sebanyak 3 kali dengan produk skin care yang berbeda, hal tersebut ternyata belum cukup. Periksa kembali apakah masih ada residu make up, kotoran, atau sisa sabun pembersih dan exfoliator yang tertinggal di wajahmu dengan menggunakan toner. Toner juga berguna untuk membantu menghidrasi, mengembalikan kelembapan kulit, dan membantu kulit agar lebih mudah menyerap produk skin care selanjutnya. Hindari exfoliating toner dan pilih toner dengan kemampuan hidrasi yang tinggi. 

Untuk kulit kering, pilih toner yang punya kemampuan hidrasi tinggi dan jangan gunakan exfoliating toner karena sebelumnya kamu sudah menggunakan produk exfoliating yang lain. Kamu bisa memilih toner yang mengandung aloe vera atau hyaluronic acid yang bisa memberikan kelembapan maksimal pada kulit.

 

 

source: http://www.henecobeauty.com



 

baca juga

5. Sheet Mask


Perawatan muka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memakai sheet mask. Sheet mask bisa menambah nutrisi kulit di wajahmu serta membantu rileksasi kulit wajah agar terhidrasi dengan baik. Nah, untuk jenis kulit kering sendiri sebaiknya pilih sheet mask dengan kadungan bahan glycerin dan hyaluronic acid serta vitamin C yang dapat memberi kelembapan ekstra pada kulit wajah. Selain itu, ketiga bahan ini juga mampu memperbaiki tekstur dan warna kulit. 

source: https://www.ecogardenskin.com



 

6. Essence dan Serum


Rahasia cantik para wanita Korea untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dan lembap. Memakai essence adalah langkah penting untuk menjaga kulit kering. Perawatan muka yang bertekstur cair ini mudah diserap oleh kulit. Cukup aplikasikan dengan tangan dan tepuk-tepuk ke wajah agar essence terserap dengan sempurna. 

source: https://miignon.com

Setelah essence menyerap, aplikasikan serum ke wajah untuk masalah yang lebih khusus di wajahmu agar perbaikan bisa lebih spesifik. Serum lebih ringan dari essence dan nggak akan membuat kulit lengket. Lakukan seperti saat kamu memakai essence dan beri jeda 15-20 detik agar serum menyerap seluruhnya ke dalam kulit. 


 

7. Pelembap


Nggak cukup hanya serum dan essence, kamu juga harus mengaplikasikan perawatan muka pelembap. Agar wajah lebih lembap dan terhidrasi dengan baik, baik siang maupun malam kamu harus tetap menjaga kelembapan kulit dengan pelembap. Gunakan pelembap yang mengandung mineral dan vitamin yang tinggi namun tetap ringan di kulit. Pada waktu malam, kamu juga bisa mengganti pelembap dengan sleeping mask agar kulitmu terjaga sepanjang malam. 
source: https://www.purewow.com