Menuju puncak gemilang cahaya
Mengukir citra, seindah asa
Menuju puncak impian di hati
Bersatu janji, kawan sejati
Pasti berjaya di Akademi Fantasi


Kamu yang menghabiskan masa kecil pada tahun 2000-an awal pasti tahu deh dnegan lagu ini. Yup, lirik lagu di atas merupakan lagi tema dari acara pencarian bakat yang populer pada masa itu, Akademi Fantasi Indosiar atau AFI. Acara ini pertama ditayangkan pada tahun 2013, dan bisa dikatakan sebagai pelopor acara pencarian bakar di Indonesia

AFI ditayangkan sebanyak 3 musim dengan jumlah 12 kontestan tiap musimnya. Keduabelas kontestan ini kerap disebut sebagai akademia, dan akan bersaing untuk menjadi pemenang. Setiap episode-nya, masing-masing mereka akan membawakan lagu dan harus menghadapi eliminasi. Kamu yang dulu suka nonton AFI, hal apa sih yang paling kamu ingat? Yuk nostalgia bareng!

source: http://wow.tribunnews.com/


Akademia AFI 1


Bisa dibilang, dulu finalis AFI 1 sangat terkenal sampai-sampai popularitasnya menyaingi artis Indonesia top! Acara puncak malam final AFI 1 pun dulu sempat memecahkan rekor sebagai tayangan non-drama yang berhasil mendapat rating tertinggi lho! Siapa sih akademia andalanmu di musim pertama ini?

source: https://www.instagram.com/kembali2000/
baca juga


Akademia AFI 2


Musim kedua kembali hadir dengan 12 kontestan baru. Dari keduabelas finalis ini, ternyata ada 2 akademia yang menikah lho, yaitu Nia dan Adit. Mereka menikah pada 2011 lalu setelah 7 tahun berpacaran dan kini sudah dikaruniai 2 buah hati. Sweet! Setelah musim kedua, AFI pun masih berlanjut hingga musim ketiga dan keempat yang menjadi musim terakhir.

source: https://www.instagram.com/kembali2000/


Para Juri yang Juga Tak Terlupakan


Selama di masa karantina, keduabelas akademia akan dibimbing oleh para pelatih khusus, seperti Mbak Bertha (AFI 1) dan Ubiet (AFI 2-4) sebagai pelatih vokal, Mas Ari Tulang sebagai koreografer, serta Rose Mini sebagai psikolog, Saat tampil pun, ada juga sosok juri dan komentator yang senantiasa mendampingi, salah satunya yaitu Mbak I’ik yang terkenal dengan komentarnya tentang pitch control.

source: https://www.instagram.com/kembali2000/
baca juga


Acara “Diary AFI”


Selain malam penampilan tiap finalis, ada juga tayangan yang menunjukkan keseharian para akdemia, yaitu “Diary AFI”. Pada acara ini, kamu bisa menyaksikan berbagai aktivitas keseharian akademia di karantina, mulai dari latihan menyanyi hingga menari. Hayo, siapa nih yang dulu suka nonton dan ngikutin Diary AFI setiap minggu?


Para Kontestann AFI Sekarang


Walaupun sudah belasan tahun acara ini tidak tayang, namun bukan berarti para finalis terdahulu hilang begitu saja. Buktinya, ternyata para kontestan AFI 1 sempat mengadakan reuni kecil-kecilan saat bulan puasa tahun 2017 lalu. Banyak diantaranya sudah tidak meniti karier di bidang entertainment, dan banyak juga yang sudah membina rumah tangga. Dari foto di bawah ini, wajahnya masih ada yang kamu kenal enggak, Ladies?

source: https://www.brilio.net/