Foundation atau alas bedak adalah salah satu alat make up yang sangat penting dan enggak mungkin kita lewatkan. Salah satu cara memilih foundation terbaik tentunya harus disesuaikan dengan kulit kita ya, ladies. Foundation memiliki sangat banyak shade warna. Kamu harus berhati-hati dalam memilihnya , karena kesalahan memilih foundation bisa memberikan efek kurang baik terhadap make up yang kamu gunakan.

Coverage yang kurang atau wajah yang jadi terlihat kusam adalah tanda bahwa kamu belum memilih foundation terbaik untuk kulit kamu. Nah, supaya enggak salah dalam memilih warna foundation, ini dia 5 tips yang wajib kamu tahu, ladies!

1. Ketahui warna dasar kulit


Tips pertama dalam memilih foundation adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu undertone atau warna dasar kulit kamu. Pada dasarnya undertone dibagi menjadi 3 yaitu cool undertones, neutral undertones, dan juga warm undertones. Cara membedakan undertone adalah dengan melihat pembulut darah vena yang ada di pergelangan tangan.

Orang dengan cool undertones memiliki pembuluh darah dengan warna ungu muda atau biru tuda. Neutral undertones ditandai dengan pembuluh darah berwarna biru kehijaunan. Sedangkan warm undertones ditandai dengan pembuluh darah warna hijau atau olive. Beberapa produk memang mengelompokkan shade foundation berdasarkan undertone, sehingga cara yang satu ini akan membantu kamu mempersempit pilihan kamu.

source: https://id.pinterest.com/
baca juga

2. Coba beberapa shade foundation secara bersamaan


Setelah pilihan shade kamu sudah lebih sedikit, cobalah langsung beberapa shade tersebut secara bersamaan. Tujuannya adalah untuk membandingkan shade warna mana yang paling menyatu di kulitmu. Jangan sampai kamu enggak mencobanya secara langsung karena warna yang terlihat di botol berbeda dengan warna setelah diaplikasikan ke kulit.

source: http://www.byrdie.com.au/

3. Coba di bagian rahang


Setelah menentukan warna apa saja yang akan kamu coba. Sekarang giliran mencoba foundation langsung dikulitmu. Ternyata letak yang paling tepat untuk mencoba foundation adalah di daerah sekita rahang kamu. Jadi, jangan mencoba foundation di bagian tangan lagi, ya. Mencoba foundation di bagian rahang atau bawah rahang akan lebih efektif untuk menemukan warna yang cocok dengan kulit kamu.

source: https://meghappyworld.wordpress.com/
baca juga

4. Pilih warna yang paling mirip


Shade foundation memang sangat beragam, tapi masih juga belum sama persis dengan kulit kamu? Enggak usah khawatir! Pilih saja warna yang paling mendekati dengan kulitmu. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan gaya make up yang kamu miliki. Bagi penyuka Korean atau Japanese make up  disarankan memilih shade yang lebih terang sedikit dari kulit asli, sedangkan untuk American atau Arabian make up dianjurkan untuk memilh shade warna yang lebih gelap dari kulit.

source: http://www.redfm.ie/

5. Lakukan di tempat yang terang


Selain mencoba dengan cara yang benar, jangan lupa juga untuk memerhatiakan sekitar kamu. Pastikan kamu mencoba foundation di tempat dengan cukup cahaya. Jika tempatnya terlalu gelap, kamu enggak akan bisa melihat warna asli dari foundation tersebut.

source: https://www.dreamstime.com/

Tips tambahan memilih foundation terbaik


Mungkin kamu sudah menemukan warna dan harga foundation yang cocok, tapi apakah pasti akan cocok untuk kulitmu? Jangan hanya pertimbangkan harga foundation dan warnanya saja, kamu harus juga memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kebutuhan foundation untuk kulit kering, oily, sensitif, dan berjerawat tentunya berbeda. 

Jenis kulit akan memengaruhi tekstur foundation yang kamu pilih. Contohnya adalah seperti foundation powder dan padat yang lebih cocok untuk oily skin. Foundation cair yang cocok dengan dry skin. Foundation gel yang juga cocok untuk dry skin atau bisa untuk kulit berjerawat.