Saat berlibur ke Bali atau daerah pantai lainnya, kacamata hitam menjadi salah satu benda yang wajib dibawa. Hati-hati! Tidak semua kacamata hitam dapat melindungi kulit Minasan dari paparan sinar ultraviolet. Pelajari dulu risiko akibat paparan sinar ultraviolet berlebih hingga tips melindungi mata dengan kacamata hitam.
source: http://lookbook.nu/look/5968575-Zara-Jacket-Invidiauomo-Pants-Panchic-Shoes

1. Waspadai Bahaya Paparan Sinar UV Pada Mata

Minasan perlu menyadari akan bahaya paparan sinar ultraviolet berlebih yang mengenai mata, karena ternyata hal tersebut bisa mengakibatkan penyakit serius pada mata!
Jika mata menerima paparan sinar ultraviolet secara kuat, kornea mata akan mengalami peradangan yang dapat mengarah ke pembengkakan pembuluh darah mata, mata kering atau mata lelah. Kalau mata terus menerus terkena paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan penyakit serius seperti katarak.
source: http://news.mynavi.jp/articles/2014/04/28/eye/
source: http://www.vvj.asia/article/779881
Saat terkena paparan sinar ultraviolet, sel-sel di dalam mata akan mengalami kerusakan. Saat hal ini terjadi, otak akan secara otomatis memerintahkan kulit untuk memproduksi pigmen melanin. Karena itu, walaupun kulit sudah terlindungi dari paparan sinar ultraviolet, warna kulit tetap dapat menjadi gelap.
source: http://news.mynavi.jp/articles/2014/04/28/eye/
Bukan hanya kulit tubuh dan wajah saja, Minasan juga perlu melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet. Salah satu caranya adalah dengan memakai kacamata hitam.

2. Pilih Kacamata Hitam Dengan "UV Cut"

Selalu pilih kacamata hitam dengan lensa "UV Cut" yang dapat menangkal sinar ultraviolet. Minasan perlu berhati-hati pada penjual kacamata di pinggir jalan yang menjual kacamata dengan lensa hitam tanpa fitur "UV Cut", karena bisa berbahaya bagi kesehatan mata.
Ukuran pupil pada mata dapat membesar dan mengecil sesuai intensitas cahaya matahari yang diterima. Jika pupil membesar, intensitas cahaya yang masuk pada mata akan semakin banyak. Di satu sisi, jika pupil akan mengecil maka intensitas cahaya yang masuk akan berkurang. Saat menggunakan kacamata hitam tanpa lensa "UV Cut", pupil akan terbuka dengan lebar dan menerima paparan sinar ultraviolet lebih banyak.
source: http://www.meganesuper.co.jp/kodawari/course/int_01/
source: http://www.sunglassgarage.com/Polarization

3. Cek Presentase Perlindungan Terhadap Sinar UV

Semakin tinggi presentase perlindungan terhadap sinar ultraviolet, maka akan semakin gelap lensanya. Pastikan Minasan mengecek berapa presentasenya sebelum memutuskan membeli kacamata tersebut.
Pastikan kacamata anti-UV yang Anda beli menawarkan perlindungan terhadap UVA dan UVB hingga 99 persen atau lebih. Hindari memilih kacamata dengan persentase perlindungan di bawah itu. Kacamata dengan keterangan "menyerap UV sampai 400 nm" berarti kacamata ini sama halnya dengan kacamata yang melindungi dari UV sampai 100 persen.
source: http://sidomi.com/167490/tips-memilih-kacamata-anti-uv-untuk-melindungi-mata/
source: http://scoopfed.com/beach-escapades-things-you-must-not-forget-to-pack/

4. Cek Masa Berlaku "UV Cut"

Produk "UV Cut" juga memiliki jangka waktunya sendiri hingga abis masa efektifnya. Sebaiknya ganti kacamata hitam setiap beberapa tahun sekali untuk perlindungan yang efektif.
Banyak yang tidak tahu, tapi payung maupun kacamata hitam anti sinar ultraviolet pun dapat mengalami degradasi, sehingga efek "UV Cut" hanya bertahan kurang lebih 2-3 tahun.
source: http://tetsusism.com/hiyakedome-nurikata-beautiful-skin-skin-care-uvcare-bihada-higasa-523
source: http://mery.jp/tag/4097

5. Semakin Lebar Semakin Baik

Walaupun kacamata lebar belum tentu sesuai dengan bentuk wajah semua orang, setidaknya jangan pilih kacamata hitam dengan bentuk lensa yang kecil.
Pilih kacamata yang juga mampu menutupi bagian sisi mata Anda untuk mengurangi sinar yang masuk.
source: http://sidomi.com/167490/tips-memilih-kacamata-anti-uv-untuk-melindungi-mata/
source: http://www1.bloomingdales.com/shop/jewelry-accessories/all-sunglasses?id=4520

6. Jangan Lupa Lakukan After-Care

Jika Minasan sudah terlanjur terkena paparan sinar ultraviolet, segera lakukan perawatan pada mata agar kondisi mata tidak semakin parah.
Dinginkan mata secara menyeluruh dengan eye mask. Jika mata terasa sakit dan memerah, gunakan tetes mata untuk mengurangi radang. Pastikan untuk tidur cukup, hindari penggunaan contact lens selama beberapa saat untuk mengistirahatkan mata. Jika masih belum sembuh, segera periksakan ke dokter.
source: http://www.cow-mutenka.jp/web/event/column/20130722/
source: http://tipscaramakeupwajah.com/tips-cantik-di-pagi-hari.html
Jangan lupa untuk selalu membawa kacamata hitam favoritmu setiap pergi liburan ke pantai atau ke tempat-tempat dengan paparan sinar ultraviolet yang kuat, ya!