Apa Itu Jeli Air?

Di hari yang panas, rasanya ingin makan es campur atau minum es teh manis. Andaikan saja ada camilan yang segar, enak, mengenyangkan dan enggak bikin gemuk. Ada kok! Namanya jeli air.
source: http://ameblo.jp/ariobb/
Jeli air adalah air yang dipadatkan dengan gelatin atau agar-agar dan berbentuk seperti jeli. Kalorinya hampir tidak ada, sehingga cocok untuk camilan di saat diet.
source: http://by-s.me/article/148771818175721123?obtp_src=by-s.me
Sesuai namanya, jeli ini terbuat dari air. Teksturnya yang kenyal, dingin, dan rasanya yang segar di tenggorokan layaknya meminum air putih menjadi alasan orang-orang menyukainya.
source: http://lbr-japan.com/2013/05/14/11364/

Mengapa Jeli Air Cocok untuk Diet?

Selain khasiatnya sama dengan minum air putih, jeli air juga dilengkapi oleh manfaat dari gelatin dan agar-agar itu sendiri. Sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui!
source: http://www.healthywilmington.org/entry6.html
Walaupun jeli air ini ditambahkan pemanis seperti gula atau madu, jeli itu sendiri sudah mengandung protein dari gelatin dan serat pangan dari agar-agar. Oleh karena itu, mengonsumsi jeli air tidak membuat gula darah dalam tubuh naik secara drastis, melainkan perlahan-lahan. Jadi, jeli air tidak menggemukkan.
source: http://by-s.me/article/160684424384905029
Agar-agar sangat baik untuk pencernaan dan biasa dimakan sebagai camilan untuk mengatasi sembelit. Selain itu kalori yang dikandung hampir tidak ada, walaupun ada beberapa agar-agar yang ditambahkan glukosa dari anggur. Namun demikian, 1 porsi agar-agar yang agak manis biasanya hanya mengandung 10 kcal. Karena itu, agar-agar cocok dijadikan camilan sehat jika ingin makan yang manis-manis.
source: http://lbr-japan.com/2013/05/14/11364/

Cara Membuat Jeli Air

Tidak butuh waktu lama untuk membuat jeli air dan bisa segera dimakan jika sudah mengeras dan dingin. Pastikan Minasan menggunakan bubuk gelatin atau agar-agar yang bening warnanya untuk menghasilkan warna jeli yang transparan seperti air.
source: http://diet-gariet.com/archives/31684923.html
1. Rebus air mineral dalam panci kecil
2. Tambahkan gelatin atau agar-agar bening
3. Pindahkan ke dalam wadah, dinginkan di kulkas
4. Selesai! Siap dimakan langsung atau tambahkan saus

Varian Rasa

Untuk rasa yang lebih enak, Minasan juga bisa mengganti air mineral dengan infused water dan menambahkan potongan buah untuk efek kecantikan kulit.
source: https://cookpad-diet.jp/healthy_diet/20150609_4284/
Minasan juga bisa menaburkan bubuk kedelai dan menambahkan sirup seperti orang Jepang agar lebih gurih rasanya.
source: https://www.flickr.com/photos/ai_ris0129/16070218135
Rasa yang segar dan penampilannya yang segar membuat jeli air ini cocok dimakan saat cuaca panas. Jeli air juga cocok dikombinasikan dengan berbagai macam topping favoritmu, asal tetap perhatikan kalori dan jangan lupa tujuan awal dietmu, ya!