Triclosan

Kecantikan wanita serasa belum lengkap tanpa polesan lipstick. Namun bagaimana jika lipstick yang dipakai mengandung bahan berbahaya seperti triclosan? Bahan ini adalah senyawa kimia yang biasa digunakan untuk mencegah infeksi bakteri atau bisa dibilang sebagai pengawet pada lipstick. Selain lipstick, triclosan biasa terkandung di dalam produk pasta gigi, obat kumur, sabun antibakteri, pencuci wajah, sepatu, karpet, dan selimut. Triclosan juga dapat berdampak pada masalah otot dan jantung serta memicu kekhawatiran terhadap bakteri yang mengganggu antibodi karena zat kimia ini juga dikhawatirkan bisa membuat bakteri kebal terhadap antibiotik.

 

source: http://www.cleanwelltoday.com


 

Paraben

Pengawet lainnya yang terdapat dalam lipstick adalah paraben. Sebenarnya tak hanya pada lipstick, banyak perusahaan kosmetik menggunakan paraben untuk tips cantik mereka agar lebih awet dan tahan lama. Paraben ini dikaitkan dengan daftar panjang masalah kesehatan seperti kanker, gangguan endokrin, toksisitas reproduksi, neurotoksisitas dan iritasi kulit. Pengawet satu ini juga dapat terdaftar dengan nama yang berbeda, termasuk methylparaben atau propylparaben.

 

source: http://www.grid.id

Methylparaben
Menurut peneliti, methylparaben adalah pengawet yang digunakan dalam produk-produk kecantikan yang dapat memicu kanker dan mengganggu sistem endoktrin. Penggunaan bahan ini di Eropa sudah dilarang karena terbukti berkaitan dengan penyebab kanker. 

Propylparaben
Bahan kimia satu ini dapat menyebabkan iritasi kulit pada seseorang yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, bahan ini berhubungan dengan gangguan endoktrin, kanker dan efek beracun lainnya. Bahan kimia yang masih bersaudara dengan methylparaben ini dikategorikan dalam “Moderate Hazard” atau Bahaya Tingkat Menengah oleh The Cosmetics Database. 

 

baca juga

Parafin

Agar tetap tampil beauty haruslah bijak memilih kosmetik. Lipstick yang kamu pilih ternyata bisa juga mengandung parafin lho! Parafin ini sering digunakan dalam pembuatan lilin. Meskipun biasanya hanya terdapat dalam jumlah kecil pada lipstick, namun pemakaian dalam jangka panjang  dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi yang menyebabkan kareis gigi.

 

source: https://www.vemale.com


 

Formaldehyde

Tak lengkap kiranya beauty makeup sehari-hari tanpa polesan lipstick. Tetapi, teliti dulu apakah lipstick kamu sudah bebas dari formaldehyde atau belum? Meskipun formaldehyde adalah zat terlarang, masih banyak produk kosmetik seperti cat kuku, pewarna rambut, shampo dan lipstick yang menggunakan bahan ini di dalam produknya. Penelitian di bidang kesehatan menyatakan pemakaian formaldehyde yang sejatinya adalah untuk mengeringkan dan mengeraskan lapisan epidermis kulit ini jika tidak digunakan dengan tepat akan berdampak pada munculnya penyakit kulit, sakit kepala, vertigo, muntah dan dapat menyebabkan kanker nasofaring. 

 

source: https://www.hadiah.me


 

baca juga

Timbal

Ttimbal atau dikenal dengan mercury biasanya tidak benar-benar tercantum dalam bahan pembuat lipstick. Jadi memang sulit untuk mengetahui apakah lipstick tersebut mengandung timbal atau tidak. Padahal banyak juga merk lipstick yang terkenal dan beredar di pasaran ditengarai mengandung zat ini. Mercury adalah toksin yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius terutama bagi wanita hamil dan anak di bawah usia 6 tahun serta dapat mengakibatkan kerusakan otak. 

 

source: https://www.liputan6.com


 

Retinyl Palmitate

Bahan berbahaya selanjutnya adalah retinyl palmitate yang merupakan bentuk sintetis dari vitamin A yang bisa jadi racun terutama untuk ibu hamil. Meskipun dikategorikan sebagai Bahaya Tingkat Menengah oleh The Cosmetics Database, namun beberapa laporan menduga zat ini bisa menjadi pemicu masalah reproduksi hingga kanker.

 

source: https://www.viva.co.id

Nah, bagaimana beautynesian? Untuk tampil beauty juga harus memperhatikan kesehatan ya!