Kurangi Gula

Gula berpotensi membuat Minasan ketagihan dengan jenis makanan tertentu. Lebih baik ganti makanan manis dengan buah dan sayur.
source: http://www.suara.com/health/2014/10/05/184316/siapkah-Anda-kurangi-konsumsi-gula

Makan Sambil Duduk

Jangan makan sambil berdiri. Karena makan sambil berdiri membuat Minasan tidak terlalu menikmati sajian dan ingin terus tambah. Beda halnya dengan makan sambil duduk akan membuat Minasan puas lebih cepat dan merasakan reaksi kenyang.
source: http://health.detik.com/read/2013/09/27/144929/2371393/763/sistem-pencernaan-tetap-sehat-dengan-9-langkah-mudah-ini

Makan Perlahan

Jangan terburu-buru mengambil banyak makanan saat berbuka. Nikmati makanan perlahan dan santai. Mengunyah secara perlahan akan membantu mengatasi keinginan makan banyak. Dan cara ini akan membuat Minasan fokus pada makanan yang sedang disantap.
source: http://wolipop.detik.com/read/2014/11/13/183207/2747801/849/trik-kontrol-nafsu-makan-tiru-cara-orang-prancis-hingga-jadi-penipu

Tidak Menunggu di Meja Makan

Banyaknya makanan di atas meja makan akan membuat Minasan tergoda untuk mengambil semua makanan di sana. Lebih tinggalkan meja makan setelah selesai makan, maka Minasan tidak akan kelepasan untuk mengambil makanan terus menerus.
source: http://missyellarose.blogspot.com/2010/03/makan-siang-paling-panjang-di-dunia.html

Makan Dalam Porsi Kecil

Makan dengan porsi yang kecil dapat membantu Minasan melatih otak untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi. Karena rata-rata orang makan 25% lebih banyak ketika makan di piring besar. Sebab, piring besar memberi ilusi makanan terlihat kecil.
source: http://caramengobatistroker.blogspot.com/2013/02/cara-mengurangi-porsi-makan.html

Mulai Dengan yang Ringan

Biasakan berbuka puasa dengan makan makanan ringan seperti kurma. Lalu baru melanjutkan dengan makanan berat setelah mengistirahakan perut sejenak.
source: http://sidomi.com/301689/buka-puasa-ramadhan-dengan-kurma-berbahaya-bagi-penderita-diabetes/
Agar lepas Ramadan Minasan tidak terkejut dengan naiknya berat badan, silahkan dicoba tips di atas, ya.