Manfaat Bengkoang Untuk Wajah


Selain memiliki rassa yang enak, bengkoang yang banyak digunakan sebagai bahan makanan dan minuman ini ternyata punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Jika kamu mengenal bengkoang karena bengkoang banyak terdapat dalam produk kecantikan sebagai pemutih wajah dan kulit, sebenarnya bengkoang sudah digunakan untuk kecantikan sejak ratusan tahun lalu. Di dalam bengkoang sendiri terdapat vitamin B1, vitamin C, rotenone, dan pachyrhizon yang mendatangkan banyak banget manfaat untuk kulit, seperti berikut ini.
source: https://www.wikihow.com
  • Melembabkan dan Mendinginkan Kulit
Bengkoang mengandung air dalam jumlah banyak. Kandungan ini dipercaya mempunyai unsur anti inflamasi dimana mampu mendinginkan kulit yang kering sehingga akan melembapkan kulit dan membuatnya tampak lebih segar. Nggak hanya itu, bengkoang yang kaya air dan anti inflamasi ini mampu menormalkan suhu kulit wajah ketika terpapar sinar UV secara langsung dalam waktu yang lama. 
 
  • Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat
Kandungan rotenone dalam bengkoang sendiri berguna banget untuk menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan kandungan air yang sangat tinggi serta adanya senyawa anti inflamasi mampu menetralisir bagian kulit yang terkena jerawat dengan cepat, sehingga peradangan yang terjadi akan mereda dan jerawat perlahan-lahan akan hilang. Kandungan rotenone juga sangat berguna menghilangkan bintik dan flek hitam membandel di wajah. 
 
  • Mencegah Terjadinya Penuaan Dini
Kandungan lainnya dalam bengkoang adalah vitamin C. Vitamin C sendiri adalah vitamin yang ampuh dan efektif menangkal serta menghilangkan radikal bebas penyebab terjadinya penuaan dini. Singkat kata, bengkoang sebagai pemutih wajah juga bisa menjadi antioksidan. 
 
  • Mencerahkan Dan Memutihkan Kulit
Memang nggak salah jika bengkoang disebut sebagai cara memutihkan wajah. Nggak cuma itu, bengkoang juga menjadi cara mencerahkan wajah karena di dalam bengkoang terdapat kandungan vitamin C dan B1. Vitamin C dan B1 ini mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati di kulit wajah. Selain itu, kedua vitamin ini berguna membuat kulit tampak lebih sehat, berseri, dan cerah. 
source: https://www.pinterest.com



 

baca juga

Yuk, Bikin Masker Bengkoang


Jika kamu ingin kulit terlihat lebih putih dan cerah tapi nggak ingin menggunakan skin care yang mengandung bengkoang, kamu bisa bikin sendiri masker bengkoang. Masker bengkoang alami dan tradisional memang dipercaya sebagai cara mencerhakan wajah sejak dulu. Cara membuatnya gampang banget, ladies. Yu, ikutin proses pembuatannya. 

  1. Langkah pertama, siapkan bengkoang berukuran cukup besar/sedang.
  2. Kupas kulit bengkoang dengan rapi sehingga tidak tersisa sedikitpun kulitnya, lalu cuci bersih. 
  3. Potong bengkoang menjadi beberapa bagian dan parut hingga halus.
  4. Peras hasil parutan bengkoang sampai semua airnya keluar.
  5. Diamkan perasan air tersebut selama beberapa menit hingga menghasilkan endapan sari bengkoang yang bertekstur seperti tepung.
  6. Kamu bisa memisahkan air perasan dengan endapan yang ada di dasar air bengkoang tersebut.
  7. Terakhir, gunakan endapan bengkoang menjadi masker wajah sebagai cara memutihkan wajah. 
source: https://manfaat.co