Kecanggihan teknologi membuat hidup manusia semakin mudah. Banyak juga pekerjaan baru yang bermunculan, kebanyakan adalah yang berhungan dengan komputer dan mesin. Tapi di balik munculnya pekerjaan baru ini, harus ada pekerjaan lain yang mau enggak mau harus musnah. Pekerjaan-pekerjaan yang diprediksi akan musnah ini, akan digantikan oleh mesin.

Kamu juga pastinya sudah merasakan sendiri seberapa banyak zaman berubah. Semakin hari semakin banyak layanan manual yang berganti menjadi otomastis mengandalkan mesin. Memang penggunaan teknologi ini berujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah manusia, salah satunya adalah membuat waktu kita menjadi lebih efisien. Well, kira-kira pekerjaan apa saja ya yang diprediksi akan musnah?


 

1. Pegawai Restoran Cepat Saji


Karyawan restoran cepat saji boleh mulai khawatir dengan pekerjaannya. Semakin hari semakin banyak layanan yang digantikan oleh komputer. Nantinya kita hanya perlu memesan makanan melalui aplikasi restoran dan semua restoran juga akan dilengkapi dengan komputer layar sentuh. Restoran tidak membutuhkan pramusaji lagi. Setelah itu kita bahkan enggak perlu membayar secara cash, itu tandanya restoran enggak memerlukan kasir lagi.

Pekerjaan yang tersisa mungkin hanya sebagai juru masak. Tapi pada dasarnya, bukankan sudah banyak ditemukan robot yang mampu memasak? Selain itu, robot juga dianggap lebih menguntungkan dari berbagai aspek dibandingkan dengan manusia. Kerja robot lebih efisien dan robot lebih penurut dan enggak banyak menuntut.

source: https://www.dawnfoods.com/


 

baca juga

2. Pustakawan


Seberapa sering kamu membaca buku dan berkunjung ke perpustakaan atau toko buku? Di zaman digital ini, buku cetak sudah banyak dikalahkan oleh e-book, selain mudah di dapat, harga e-book juga dianggap relatif murah. Meskipun masih membutuhkan waktu yang cukup lama hingga semuanya beralih ke digital, tapi yang jelas jumlah pustakawan akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

source: https://careerlancer.net/


 

3. Kasir


Jika sebelumnya sudah disebutkan restoran cepat saji enggak membutuhkan kasir. Sekarang kita bicara tentang kasir yang lebih umum. Kita enggak membutuhkan kasir lagi jika sudah memiliki alat pembayaran otomatis. Salah satu contoh yang sudah banyak memberlakukan sistem ini adalah toko-toko besar di Amerika Serikat.

source: https://www.imagesource.com/


 

baca juga

4. Teller Bank


Enggak perlu mengantri ke teller, kamu sudah bisa menggunakan mesin ATM setor tunai untuk menyetorkan uangmu ke rekening. Setelah itu, jika uang sudah berada di dalam rekening, dimanapun kamu berada, kamu bisa menggunakan layanan internet dan mobile banking untuk melakukan berbagai transaksi. Nah, hal ini tentunya cukup meyakinkan bahwa semakin lama tenaga kerja teller bank semakin enggak dibutuhkan.

source: https://revolutionenglish.org/


 

5. Transportasi


Tranportasi adalah hal yang sangat krusial di kehidupan kita. Berbagai alat transportasi ini sejau yang kita tahu, membutuhkan manusia untuk mengoperasikannya. Tapi, sebagian dari kamu tentunya juga sudah mendengar munculnya mobil tanpa pengemudi. Hal ini tentunya juga menandakan bahwa alat transportasi lain juga sangat mungkin dikendalikan secara otomatis.

source: http://www.techreleased.com/


 

6. Telemarketer


Sadar enggak sih jika interaksi via telepon sudah banyak berkurang? Yup! Hal ini akhirnya membuat tenaga kerja telemarketing banyak berkurang. Dibandingkan memberikan berbagai informasi dan penawaran melalui telepon bukannya menggunakan e-mail lebih efisien. Pekerjaan sebagai telemarketer dan operator telepon hari ini memang masih ada, tapi enggak ada jaminan untuk 10 tahun ke depan.

source: http://www.fabulousfarmbabe.net/


 

7. Travel Agent


Traveling adalah bagian dari lifestyle manusia zaman now. Tapi apakah itu berarti travel agent akan semakin laku? Jawabannya ternyata adalah 'tidak'. Dengan segala kemudahan traveling yang tercipta dalam wujud berbagai aplikasi, traveling secara mandiri akan lebih banyak dipilih oleh banyak orang. 

source: https://www.studentuniverse.com/