1. Jepang

Jika kamu penggemar komik atau anime Jepang pasti tidak asing kan dengan model seragam sekolah siswi Jepang? Dari komik dan anime Jepang, kamu bisa lihat bahwa banyak sekali jenis seragam sekolah siswi Jepang. Namun, yang paling terkenal adalah baju seragam mereka dengan model sailor atau pelaut yang dipadukan dengan kaos kaki panjang. Seragam seperti ini pun terkadang dikenakan sebagai baju casual, bahkan baju wanita yang sudah lulus SMA. Selain itu ada juga yang menggunakan seragam dikombinasikan dengan blazer saat musim dingin, dilengkapi dengan dasi berwarna cerah. Terkadang blazer juga bisa diganti dengan sweater berwarna cerah yang membuat penampilan makin kawaii. Untuk rok biasanya pendek di atas lutut dan kebanyakan siswi di jepang memadukannya dengan stocking hitam atau kaos kaki panjang.

 

source: https://id.pinterest.com

2. Korea Selatan

Tips pakaian dari Korea Selatan selalu menarik untuk dicontek dan diperbincangkan. Bahkan tips pakaian para siswinya juga selalu tampak fashionable. Sama seperti Jepang, seragam sekolah di Korea Selatan juga disesuaikan dengan musimnya. Misalnya pada musim panas, para pelajar akan mengenakan seragam dengan lengan pendek dan berbahan lebih tipis. Sedangkann untuk musim dingin biasanya menggunakan lengan panjang maupun blazer supaya hangat. Jika kamu menyukai drama Korea juga pasti sudah tahu bagaimana sih seragam sekolah para siswi di Korea Selatan? Di negara ini siswinya menggunakan seragam kemeja yang dikombinasikan dengan blazer warna lembut dan rok mini sebagai bawahan. Terkadang juga ditambahkan dengan dasi dan kaos kaki panjang. Seragamnya juga dibuat sangat pas dengan bentuk tubuh para siswi sehingga semakin menambah kesan seksi. Mereka memang dibebaskan soal pemilihan sepatu dan kaos kaki, berbeda dengan Jepang yang mengatur pakaian siswa-siswinya dari ujung kepala hingga ujung kaki. Siswi-siswi di Korea terlihat sporty dengan seragam yang mereka kenakan, tetapi tetap seksi. Maka dari itu, banyak tips pakaian yang menerapkan gaya preppy look berkiblat dari seragam sekolah para siswi di Korea Selatan. 

 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

3. Taiwan

Ternyata tak hanya Jepang dan Korea yang siswinya mengenankan seragam fashionable dan seksi namun tetap menunjukkan sisi imut. Taiwan juga demikian lho! Selain didukung kecantikan oriental khas Asia, siswi di Taiwan juga berpenampilan dengan seragam sekolah yang terlihat agak mirip dengan pakaian sekolah siswi di Jepang atau Korea, namun lebih terkesan sederhana. Hal ini tak lepas dari kementerian pendidikan di Taiwan yang telah membebaskan para siswa-siswi sekolah menengah atas atau SMA untuk bebas menentukan bagaimana rupa seragam yang ingin mereka kenakan. Namun, tetap ada seragam khusus yang hanya boleh dikenakan pada saat-saat tertentu saja seperti hari pertama masuk atau saat kelulusan sekolah, ulang tahun sekolah serta peristiwa penting lainnya. Sedangkan untuk hari-hari lainnya, mereka bebas mengenakan seragam jenis apapun.

 

source: https://id.pinterest.com

4. Vietnam

Tampil seksi memang seringkali dilakukan para perempuan, termasuk siswi sekolah. Namun, Vietnam berpendapat bahwa fashionable tak harus berpenampilan seksi. Negara Vietnam memiliki seragam yang tak kalah unik juga. Seragam sekolah di Vietnam terinspirasi dari pakaian tradisional mereka yang bernama Ao Dai yang melambangkan kecantikan para wanita Vietnam. Ciri khas seragam dari Vietnam adalah atasannya yang hampir menyentuh mata kaki dengan belahan panjang di kedua sisinya serta menggunakan celana panjang dengan warna senada. Siswi-siswi di Vietnam pada akhirnya membuktikan bahwa meskipun tidak menggunakan rok pendek mereka tetap bisa tampil cantik dan fashionable. 

 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

5. Inggris

Selanjutnya bukan dari Asia lagi, melainkan dari Inggris. Seragam sekolah di Inggris adalah style preppy look berikutnya yang sering diadopsi. Tampil dengan rok di atas lutut bercorak tartan, para sisiwi di Inggris tampak begitu manis. Walaupun roknya terlihat mini, tapi tetap rapi dan formal karena terkadang mereka juga memakai kaos kaki panjang atau stocking. Nah, jika kamu pernah menonton film Harry Potter, model seragam yang dipakai tokoh-tokohnya kebanyakan model seragam sekolah di Inggris yang umumnya menggunakan sweater, blazer atau outer. Kemeja putih, knitted vest, checkered skirt, dan blazer memang terkesan vintage dan misterius namun tetap menarik untuk dilihat.

 

source: https://id.pinterest.com