Rajin Membersihkan Wajah
Salah satu cara mengatasi kulit kusam ialah dengan rajin membersihkan wajah setiap kali terpapar polusi udara, ladies. Dengan membersihkan wajah, wajah kamu dapat terbebas dari debu, kotoran, dan bakteri yang bisa menumpuk sehingga membuat wajah menjadi lebih kusam, lho. Jadi pastikan wajah kamu selalu bersih sebelum tidur di malam hari ya!
 

source: https://thenutritionalsource.com/




Melakukan Scrubbing Wajah Secara Rutin
Selain rajin membersihkan wajah, cara mencerahkan wajah yang bisa kamu coba  ialah melakukan scrubbing wajah secara rutin setidaknya seminggu sekali. Perlu kamu ketahui, kulit yang kusam juga bisa disebabkan karena penumpukan sel-sel kulit mati di kulit. Nah, butiran-butiran halus scrub bisa meluruhkan sel-sel kulit mati di kulit kamu, lho. Degan begitu, wajah kusam kamu bisa tergantikan dengan wajah yang lebih cerah dan segar, ladies!
 

source: https://www.thedailybeast.com
baca juga



Menggunakan Krim Wajah yang Mencerahkan
Untuk mengatasi wajah kusam, kamu enggak perlu mengalakukan cara memutihkan wajah seperti menggunakan produk pemutih wajah kok. Kamu hanya perlu menggunakan krim wajah baik krim malam ataupun pelembab yang mampu mencerahkan kulit. Biasanya produk yang mampu mencerahkan wajah mengandung bahan-bahan pencerah seperti retinoid, ceramide, ataupun vitamin C, ladies. Dengan rutin melakukan cara mencerahkan wajah ini, kulit wajah kamu tidak lagi kusam dan akan terlihat lebih sehat, flawless, dan glowing, Beautynesian!
 

source: http://www.thecompletereview.com/



Melindungi Wajah dengan Tabir Surya
Kulit yang kusam juga bisa disebabkan karena paparan sinar matahari yang menyatu dengan polusi udara, lho. Oleh sebab itu, jika ingin kulit kamu bebas dari kusam, pastikan bahwa kamu selalu menggunakan tabir surya secara merata minimal SPF 35 ya!
 

source: https://www.womenshealthmag
baca juga



Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Tepat
Yup, kamu juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat dalam rangka mengatasi kulit kusam, ladies. Kamu perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan gula yang tinggi karena kedua hal ini bisa merusak kolagen dan elastin kulit kamu sehingga kulit menjadi kusam. Di sisi lain, kamu juga perlu meningkatkan konsumsi air minum serta sayur dan buah-buahan segar sehingga dapat menyeimbangkan pH tubuh kamu. Dengan begitu, kulit kamu enggak hanya akan lebih cerah, tetapi juga lebih segar, merona, dan glowing, ladies!
 

source: https://www.apextribune.com


Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup juga bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam, lho. Ketika kamu tidur cukup, 7-8 jam sehari, kulit kamu akan melakukan proses regenerasi kulit dengan maksimal, sehingga kulit wajah kamu akan lebih kenyal, halus, dan pastinya lebih cerah, ladies. Well, kamu tidak perlu melakukan cara memutihkan wajah yang sulit dan berisiko bukan? Just sleep well and your face wouldn’t look dull anymore!

source: https://www.brit.co