Niat

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah niat. Dalam melakukan segala hal tentu selalu diawali dengan sebuah niat, termasuk berpuasa. Jika niat kamu benar, maka apa yang kamu laksanakan juga akan benar dan sesuai harapan. Dengan niat pula, maka semangat beribadah akan terjaga dan lancar sejak awal Ramadhan hingga akhir. 

 

😀

source: http://humairoh.com


 

Persiapan Fisik

Biasanya saat Ramadhan tiba, banyak yang mulai memakai casual hijab untuk sehari-hari. Namun sebenarnya yang paling penting adalah mempersiapkan fisik atau jasmani kamu. Meskipun berpuasa bukan merupakan hal baru lagi, namun saat bulan Ramadan tentunya berbeda dengan bulan lainnya.

Perubahan jam istirahat serta pola makan selama Ramadan bukan tidak mungkin dapat mengganggu stamina atau kesehatan badan kamu. Oleh karena itu, sebelum puasa pastikan tubuh kamu dalam kondisi prima agar dapat berpuasa sebulan penuh. Penuhi waktu istirahat malam dan makanlah makanan yang sehat serta rajin berolahraga. Dengan badan sehat, kamu bisa tetap tampil percaya diri dengan style hijab favoritmu juga. 

 

source: http://ferinandang.blogspot.com


 

baca juga

Persiapan Perlengkapan

Ketika memasuki bulan Ramadhan tentunya kamu juga akan berpenampilan berbeda dengan hari-hari biasanya. Mungkin bisa dengan merubah style hijab atau memakai hijab casual untuk sehari-hari. Nah, jika kamu memtuskan memakai casual hijab untuk sehari-hari tentunya kamu memerlukan banyak persiapan hijab selama bulan Ramadhan.

Selain persiapan hijab casual, kamu juga perlu menyiapkan mukena lebih dari satu karena akan kamu pakai bergantian untuk tarawih setiap harinya. Tak perlu baru, cukup kenakan mukena yang bersih saja. Selain itu, cek kembali Alqur'an kamu. Jika ada kerusakan selama masih bisa diperbaiki silahkan kamu perbaiki atau benahi. Nmaun jika tidak mungkin saatnya kamu membeli Alqur'an baru agar lebih bersemangat lagi menjalani tadarus. 

 

source: http://republika.co.id


 

Persediaan Makanan

Selanjutnya, jangan sampai karena hanya mempedulikan penampilan dan style hijab, kamu lupa akan stok makanan selama bulan puasa. Bangun sahur dan menyiapkan makanan mungkin bagi sebagian orang terasa berat. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan membuat dan menyimpan stok makanan yang tahan lama atau mudah disajikan. Misalnya rendang atau kering tempe. 

 

source: https://beritagar.id


 

baca juga

Persiapan Uang

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Oleh karena itu melakukan banyak amal dan sedekah di bulan Ramadhan tentu juga tidak salah kan? Memang hal ini bisa membuat pengeluaran membengkak. Namun jika jauh-jauh hari sudah kamu persiapkan dana khusus tentunya tidak akan menjadi beban lagi bagi kamu. Termasuk dalam hal ini zakat juga harus kamu persiapkan. 

 

source: https://takdiralisyahbanabcr.blogspot.co.id