Mesin memang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satu yang paling umum kita gunakan setiap hari adalah mesin cuci baju. Dalam segi waktu dan tenaga, mencuci baju dengan mesin memang benar-benar efisien jika dibandingkan mencuci dengan tangan. Tapi tetap ada banyak hal yang harus kamu perhatikan ketika mencuci baju dengan mesin.

Ada noda yang enggak bisa hilang jika hanya dicuci dengan mesin cuci, sehingga kamu harus lebih memperhatikannya. Selain itu, cara mencuci baju dengan mesin yang benar adalah dengan enggak memasukkan barang sembarangan ke mesin cuci. Beberapa jenis barang mungkin akan rusak jika dimasukkan ke dalam mesin cuci dan beberapa barang lainnya mungkin bisa merusak mesin cuci. So, barang apa saja yang sebaiknya enggak dimasukkan ke mesin cuci? Berikut adalah daftarnya!

1. Bra berkawat


Barang pertama yang enggak boleh masuk mesin cuci adalah bra atau juga lingerie yang biasanya dilengkapi dengan kawat. Selain kawatnya akan rusak, kawat tersebut juga berpotensi merusak pakainnya lainnya. Jadi, untuk cari aman lebih baik mencucinya dengan cara manual saja. Sedangkan untuk jenis bra dan underwear lainnya masih aman jika kamu mencuci dengan mesin.

source: https://www.debras.com.au/


 

baca juga

2. Benda berukuran terlalu kecil


Pakian yang ukurannya telalu kecil seperi kaos kaki pendek, kaos kaki bayi, dan sarung tangan bayi lebih baik tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Benda yang terlalu kecil biasanya akan masuk ke dalam ventilasi atau saluran air. Kamu mungkin mengira barang tersebut hilang secara misterius, padahal terbawa dan terjebak di dalam saluran. Jika sudah menumpuk, barang-barang tersebut akan menyumbat dan merusak mesin cuci.

source: http://www.anneform.com/


 

3. Sepatu lari


Mencuci sepatu secara manual mungkin menjadi kegiatan yang malas kamu lakukan. Tapi jika malas mencuci sepatu lari, jangan coba-coba untuk mncucinya dengan mesin. Lebih parah lagi jika kamu mengeringkannya dengan mesin cuci. Bahan karet di sepatu akan menyusut dan merusak sepatu.

source: https://www.racked.com/


 

baca juga

4. Bahan anti air


Meskipun mencuci dengan mesin sangat prakis, jangan pernah mencuci bahan anti air dengan mesin cuci, contohnya seperti jas hujan. Ketika masuk ke dalam mesin cuci, bahan anti air ini akan membentuk seperti balon air yang terisi. Balon ini bisa pecah dan akirnya menghamburkan air kemana-mana dan berpotensi membuat mesin cuci meledak. Wah, seramnya!

source: https://www.aliexpress.com/


 

5. Koin


Koin memang enggak perlu dicuci, tapi enggak bisa dipungkiri kalau barang yang satu ini sangat sering tanpa sengaja masuk ke mesin cuci. Ukuran koin yang kecil sangat mungkin membuatnya masuk ke dalam saluran pembuangan mesin cuci. Jika hal ini terjadi, bisa-bisa mesin cuci kamu rusak dan enggak mau berfungsi, nih!

source: http://morengvrc.blogspot.co.id/

Nah, ternyata dibalik kemudahan mencuci dengan mesin, kamu enggak boleh semabarangan, ladies. Supaya kamu lebih hati-hati lagi, berikut adalah tips cara mencuci baju dengan mesin yang harus kamu perhatikan!
1. Jangan lupa cek isi kanting jika mungkin terdapat koin atau barang lainnya yang tertinggal. Enggak jarang orang yang kurang teliti ikut mencuci handphone ataupun i-pod miliknya.
2. Perhatikan label petunjuk pada pakaian, beberapa jenis kain memang enggak disarankan dicuci dengan mesin.
3. Jangan berlebihan menggunakan detergen, softener, dan sejenisnya karena dapat merusak pakaian.